Sukses

Lifestyle

Kalau Teman Punya Bisnis, Support Dong! Jangan Minta Gratisan Aja

Ladies, pernah nggak kamu dibuat kesal oleh temanmu yang sukanya minta gratisan? Apalagi ketika dia tahu kamu baru membuka bisnis dan usaha baru, langsung cepet banget dia menghubungi dan minta produk gratisan. Hm, iya sih kalau cuma sekali mungkin masih bisa ditolerir. Tapi kalau kelakuannya sudah berlebihan, wah ya kok kebangetan.

Membangun sebuah bisnis atau usaha dari nol bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dikerjakan. Bahkan produk yang sudah jadi pun harus bisa dipasarkan sedemikian rupa biar laku. Belum lagi dengan menakar untung rugi dari setiap transaksi. Sebagai pelaku bisnis, kita pasti butuh teman-teman yang bisa support atau memberi dukungan. Dan sebagai seseorang yang punya teman seorang pebisnis atau pengusaha, kita juga seharusnya bisa lebih tahu diri.

Teman Sejati Akan Memberi Dukungan

Teman yang nggak punya perasaan bakal minta dan cari yang gratisan. Teman yang biasa mungkin akan minta diskon. Tapi cuma teman sejati yang bakal memberi dukungan dengan membeli produk dengan harga penuh. Dengan cara tersebut, ia memberi dukungan. Ia menghargai kerja keras dan usaha yang sudah dikeluarkan temannya membuat usaha tersebut.

Foto: copyright salonsdirect.com

Kalau Minta Gratisannya Cuma Bercanda, Nggak Apa-Apa Kali Ya

Namanya teman kadang suka iseng dan bercanda. Kalau soal minta gratisannya cuma buat bercanda aja sih nggak apa-apa kali ya. Sebagai penyemangat dan biar nggak stres saat menjalankan usaha tersebut. Selain itu, kita juga bisa bantu untuk memasarkan produknya. Hitung-hitung membantu melariskan dagangan dan bisnisnya.

Sebuah Semangat Saja Sudah Sangat Membantu Sebenarnya

Kamu sebagai pelaku bisnis pasti pernah merasa down atau pesimis dalam menjalankan sebuah usaha. Di situasi seperti ini, yang dibutuhkan sebenarnya hanyalah semangat dari orang terdekatmu. Memiliki teman atau sahabat yang bisa selalu menyemangati dan mendukung bisnis pastinya akan sangat membantu.

Foto: copyright whisper.sh

Soal Gratisan Sebenarnya Sudah Ada Bagiannya Sendiri Kok

Ini nih pesan buat yang suka minta gratisan. Nggak perlu deh ngebet banget minta gratisan atau sampai memaksa minta gratisan dari teman yang punya bisnis. Soal gratisan sebenarnya sudah ada bagiannya sendiri, kok. Yang penting sekarang fokus untuk bantu menyemangati dan mendukung bisnis temanmu. Nanti kalau dia sukses, kamu juga bakal kecipratan rezekinya. Eh tapi niatnya dari awal harus tulus ya.

Gimana menurutmu, Ladies? Setuju nggak kalau teman yang baik itu yang mendukung usaha dan bisnis temannya? Jadi bukan yang cuma minta gratisan atau langsung minta ini itu tanpa memikirkan perasaan sang teman.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Usia 30an, Ada Masa-Masa Berat yang Harus Dilalui Perempuan
Artikel Selanjutnya
Maaf, Perempuan yang Tak Mau Diajak Hidup Susah Bukan Berarti Egois