Sukses

Lifestyle

Ingin Bekerja Freelance, Berikut 3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Hidup adalah memilih, menjalani lalu move on. Tidak ada pilihan benar atau salah yang ada adalah konsekuensi dari pilihan yang kamu ambil. Maka saat kamu memutuskan bagaimana pilihan karier kamu maka menyadari konsekuensi yang harus dijalani. Tidak terkecuali tentang masalah karir. Mungkin kamu pernah merasa bosan untuk bekerja di kantor dan memutuskan freelance karena tidak ingin lagi terikat.

Bekerja secara freelance baik, dan memang banyak hal menyenangkan yang akan kamu dapatkan. Salah satunya adalah kebebasan waktu. Namun hal ini bukan berarti tanpa risiko. Well, berikut adalah 3 hal yang harus kamu perhatikan saat memutuskan untuk bekerja freelance.

    Hati-Hati dengan Pengeluran Ekstra

    Bekerja secara freelance tentu lebih banyak pengeluaran yang harus kamu siapkan. Kursus dan sertifikasi untuk meningkatkan kemampuan kamu. Terlihat sepele, namun kamu harus berusaha untuk mengatur pengeluaran dengan sebaik mungkin. Ingat, saat memilih freelance kamu memiliki pendapatan yang tidak selalu sama setiap bulannya.

    Orang Bijak Taat Pajak

    Jumlah yang dibayar antara saat freelance dan bekerja kantoran tentu berbeda. Maka perhitungkan kewajiban pajak kamu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai karena alasan freelance maka kamu enggan membayar pajak.

    Cari tahu dasar pengenaan pajak yang harus kamu bayar. Teliti dan perhitungkan dengan sebaik mungkin. Selalu ingat, orang bijak itu taat pajak.

    Prioritaskan Kebutuhan

    Sebelum memutuskan untuk memilih apakah kamu akan freelance atau bekerja kantoran, yang perlu kamu lakukan adalah teliti jumlah kebutuhan yang harus kamu penuhi. Pilih kebutuhan alih-alih keinginan. Penuhi kebutuhan sebelum memikirkan tentang keinginan. Dengan memutuskan freelance maka pendapatan yang kamu terima tidak selalu sama. Well, jangan malas untuk mengatur keuangan.

Well, setelah mengetahui apa yang harus kamu lakukan setelah memilih freelance maka akan membuatmu lebih mudah dalam mengambil keputusan. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pandemi COVID-19 jadi Saat Tepat Ajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak
Artikel Selanjutnya
Jumlah Pendaftar Relawan COVID-19 Capai Angka 15.250 Orang