Sukses

Lifestyle

Di Usia 20an, Kenapa Wanita Makin Sulit untuk Jadi Diri Sendiri?

Makin dewasa, makin banyak tanggung jawab dan juga peran yang harus kita lakukan. Apalagi ketika sudah memasuki usia 20an, di mana kita sudah dituntut untuk menjadi lebih matang dan dewasa. Dari sekian banyak hal, sering tak kita sadari bahwa hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah menjadi diri sendiri.

Kenapa kita jadi makin sulit untuk menjadi diri sendiri? Hm, alasan untuk hal ini pastinya sangat banyak dan beragam. Mulai dari tuntutan untuk bisa beradaptasi dan memenuhi berbagai macam prioritas dan tanggung jawab. Kedengarannya berat banget ya. Tapi pada dasarnya kita makin sulit jadi diri sendiri karena hal-hal berikut ini.

Takut Tidak Diterima oleh Lingkungan dan Orang-Orang Sekitar

Rasa takut tidak diterima ini bisa makin besar saat kita makin dewasa. Takut tak diterima oleh orang-orang di sekitar. Khawatir diabaikan dan dikucilkan oleh lingkungan kita. Sehingga kita mau tak mau harus menyesuaikan diri, meski harus mengubah diri untuk bisa tetap berada di "lingkaran".

Foto: copyright keywordsuggests.com

Belum Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dipunya

Masih ada rasa "insecure" dalam diri. Belum percaya diri dengan kemampuan yang dipunya. Merasa belum siap untuk jadi dewasa. Perasaan dan kecemasan itu membuat kita jadi ragu untuk menjadi diri sendiri. Akhirnya kita jadi memakai topeng supaya bisa menyesuaikan dengan keadaan di sekitar.

Foto: copyright thequotepedia.com

Terlalu Sibuk Memenuhi Harapan Orang Lain

Kamu lebih banyak menghabiskan waktumu untuk melakukan hal-hal yang bisa memenuhi harapan orang lain. Sampai akhirnya jadi tak punya waktu untuk diri sendiri. Begitu banyak kesibukan yang kamu lakukan demi orang lain. Sampai sering tidak disadari kamu jadi tak tahu lagi bagaimana caranya menjadi diri sendiri.

Foto: copyright lanelamani.com

Punya Prioritas Memenuhi Banyak Target

Ada deadline pekerjaan yang harus dipenuhi. Ada meeting atau seminar yang harus dihadiri. Berbagai target harus dipenuhi. Banyak orang yang harus ditemui. Semua kesibukan tersebut membuat kita harus menjalani berbagai jenis peran. Tak ada lagi waktu luang atau waktu yang bisa digunakan untuk istirahat sekadar menikmati rasanya menjadi diri sendiri.

Kalau kamu sendiri bagaimana, Ladies? Punya pengalaman atau cerita sendiri soal hal ini? Apapun situasi yang kamu hadapi saat ini, tetaplah bahagia dengan setiap peran dan pilihan yang kamu ambil, ya.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Menyalahkan Orang Lain atas Kesedihanmu
Artikel Selanjutnya
Agar Impian Tahun Ini Terwujud, Ikuti 4 Tips Berikut