Sukses

Lifestyle

Dari OB Jadi Vice President? Kisah Pria Ini Begitu Menginspirasi

Seorang pengguna twitter dengan akun @ridu, pada tanggal 16 Mei 2017 telah memposting status yang cukup unik dan menginspirasi. "Ga sengaja dengar lagu Yanglek, terus jadi tahu tentang Pak Houtman Zainal Arifin ini. Selalu ada hikmah di baik musibah," inilah sepenggal status yang dibuat oleh Ridu. Bukan tentang lagunya yang akan kita bahas, tapi marilah kita mengenal sosok Pak Houtman? Siapakah beliau?

Pak Houtman Zainal | Photo: Copyright indoboom.com

Pak Houtman Zainal Arifin adalah pribadi yang ramah, cerdas dan pastinya menginspirasi. Dilansir dari berbagai sumber, beliau merupakan seorang yang begitu gigih, mengesankan dan penuh semangat. Beliau lahir di kota Kediri, Jawa Timur pada 27 Juli 1950. Ia terlahir dari sebuah keluarga sederhana atau pas-pasan.

Status Ridu di Twitter | Photo: Copyright Twitter.com/Ridu

Walau terlahir dari keluarga sederhana, pengalaman hidup bapak Zainal telah menginspirasi banyak orang. Berbekal ijazah Sekolah Menengah Atas, beliau pergi ke Ibukota Jakarta untuk mencari pekerjaan yang layak dan berharap hidupnya jadi lebih baik. Sayang, ijazah SMA tidak cukup mudah untuknya mendapatkan pekerjaan yang layak.

Setiap hari, ia pergi dari satu gedung ke gedung lain di Jakarta untuk melamar kerja. Beruntung, beberapa hari setelah melamar berbagai pekerjaan, ia diterima menjadi OB (Office Boy) di The First National City Bank (Citibank). Di sinilah awal karirnya dimulai dan kisah hidupnya menginspirasi banyak orang.

Sepenggal kisah bapak Houtman Zainal yang di akun twitter Ridu | Photo: Copyright Twitter.com/Ridu

Kinerjanya yang mengesankan, sifatnya yang ramah dan sabar serta cerdas, membuat beliau disenangi semua staf Citibank. Bapak Zainal pun mulai belajar banyak mengenai dunia perbankan dan kemampuannya di bidang perbankan semakin banyak. Melihat kompetensi yang dimiliki Bapak Zainal begitu mengesankan, ia pun diangkat menjadi pegawai Citibank.

Berita mengenai diangkatnya Bapak Zainal sebagai OB sontak saja membuat para pegawai Citibank heboh. Tidak sedikit dari mereka yang mencibir dan meragukan kemampuannya. Cibiran ini tak lantas membuat Bapak Zainal putus asa. Ia justru semakin semangat kerja dan mengasah kemampuannya di dunia perbankan. Ia juga sering kali membantu rekan kerjanya yang kesulitan dalam bekerja.

Alhmarhum Pak Houtman Zainal dengan istri | Photo: Copyright indoboom.com

19 tahun setelah masuk Citibank dan berawal dari seorang OB, bapak Zainal diangkat sebagai Vice President. Sebuah posisi tertinggi di Citibank Indonesia. Selain berprestasi sebagai Vice President, bapak Zainal pernah menjadi penasehat keuangan salah satu gubernur, menjabat CEO di berbagai perusahaan, menjadi inspirator bagi banyak orang, menjadi dosen dan masih banyak lagi.

Sosok Houtman Zainal Arifin kini hanya bisa kita kenang. Ia telah berpulang ke Rahmatullah pada akhir tahun 2012 lalu. Meski sosoknya tinggal kenangan, kisahnya tetap bisa menjadi pelajaran berharga dan inspirasi untuk kita semua.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading