Sukses

Lifestyle

Cara Unik Vega Darwanti Ajarkan Puasa Pada Anak-Anaknya

Setiap orang tua punya cara tersendiri untuk mendidik anak-anaknya termasuk dalam urusan agama. Begitu pula dengan Vega Darwanti. Seperti yang telah dilansir oleh KapanLagi.com (29/5), Vega merasa sangat bangga putra pertamanya yang berusia 7 tahun bisa kuat berpuasa seharian hingga Magrib. Semakin menambah rasa bangganya, Vega sudah tak perlu mengiming-imingi Razqa dengan hadiah tertentu.

"Sebetulnya namanya orangtua, kita punya reward buat anak. Tapi biasanya kita juga bisa lihat lah ya anak soleh biasanya dari orangtuanya ya. Jadi Razqa gak pernah aku iming-imingin," ujar Vega Darwanti.

Vega pun berhasil mengajarkan anaknya untuk puasa dengan cara yang sederhana. Rasa keingintahuan Razqa lah yang akhirnya membuatnya mau belajar berpuasa penuh.

"Kalau dulu dia nanya, 'puasa untuk apa?' 'Kakak sayang gak sama Allah?' 'Sayang'. 'Ya udah kalau kakak sayang, kakak puasa'. 'Terus kenapa kita puasa?' Jadi anakku udah mulai kritis nih dalam bertanya. 'Karena puasa itu supaya kita bisa nahan emosi, nahan hawa nafsu'. jadi hal-hal simpel yang mungkin bisa diserap sama dia dan dia pahami itu yang jadi buat dia puasa. Dan dia juga lihat lingkungannya dia puasa," lanjutnya.

Hebatnya lagi sejak usia 4 tahun, Razqa sudah ingin berpuasa penuh. Vega pun lanjut berbagi cerita saat putranya itu mulai rewel saat jelang berbuka puasa.

"Razqa itu 4 tahun, puasanya langsung full. Jadi kita yang justru suka bilang, 'Razqa udahan aja (puasanya)' 'ah enggak ah, gak mau tanggung' Nah biasanya dia uring-uringan itu di jam 5. Kalau di jam 5 mau buka puasa, dia langsung bilang 'aku mau buat teh manis sembilan ya'. Jadi mungkin saking hausnya dia selalu ngomong kayak gitu," ungkapnya.

Vega juga punya trik tersendiri agar si kecil tak membatalkan puasanya karena waktunya sudah dekat. "Dan kalau dia udah gak sabar mau buka, aku suka ngomong 'aduh sayang banget, tanggung banget ya. Kakak kan dikasih muka ganteng kayak gini karena Allah. Aa' lho bunda lihat kambing hidungnya gini' maksudnya aku perumpamaan ke hewan, supaya dia ngerasa bersyukur dengan apa yang dia miliki itu karena cinta Allah ke dia. Jadi dia harus cinta kepada Allah gitu. Adiknya belum karena ini dia kan baru 4 tahun. Nadeva ini baru 4 tahun, jadi mungkin aku ajarinnya sampai Dzuhur," pungkasnya.

Nah Ladies, semoga apa yang dilakukan Vega ini bisa menginspirasi ya.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading