Sukses

Lifestyle

Bulan Ramadan, Waktu Tepat Menjemput Jodoh dengan Rida Allah

Wanita masa kini mungkin masih belum banyak yang menikah muda. Kebanyakan di antara kita masih mencoba meningkatkan kehidupan dalam hal karir agar mapan secara perekonomian. Jauh di dalam lubuk hati, setiap wanita pasti ingin segera menikah dan memulai hidup rumah tangga.

Tapi apa yang bisa dilakukan seorang wanita untuk bisa mendapatkan jodoh atau didekatkan dengan jodohnya?

Dalam Islam, memilih pasangan sudah diatur dengan jelas. Seperti sabda Nabi Muhammad saw., "Seorang wanita itu dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, karena garis keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Pilihlah yang baik agamanya maka engkau akan beruntung." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist tersebut, jelas bahwa apa yang perlu dilakukan wanita pertama kali dan yang paling utama adalah memperbaiki diri dari segi agama. Dan dari hadist tersebut bisa dipahami pula bahwa memilih jodoh, syarat yang terpenting adalah ketaatan agamanya dan baik akhlaknya.

Bisa dikatakan bahwa sesungguhnya jodoh adalah cerminan diri kita, jika kamu baik maka baik pula jodohmu, begitu sebaliknya. Jika kamu baik secara agama dan akhlak, maka Allah swt juga akan memberikan jodoh baik pula buatmu. Seperti firman Allah swt,

"Wanita yang keji untuk lelaki yang keji, dan lelaki keji untuk wanita yang keji (pula). Sedangkan wanita yang baik untuk lelaki yang baik, dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik (pula)..." (An Nur:26)

Kalau pun jodoh harus melibatkan peran orangtua, dikenalkan atau pun dicarikan pasangan, alangkah baiknya jika dikomunikasikan secara baik antara orangtua dan anak. Karena sangat memungkinkan adanya beda pendapat soal kriteria pasangan. Orangtua tidak boleh memaksakan kehendaknya, begitu pula anak sebaiknya mengambil keputusan dengan bijak.

Karena bagaimana pun, "Ridha Allah tergantung ridha kedua orangtua dan murka Allah tergantung murka kedua orang tua." (HR. THabrani dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Jodoh itu rahasia Allah. Kita tinggal berusaha mendapatkannya dengan cara yang baik. Itulah aturan Allah swt yang tercantum di dalam Al Qur'an. Jadi ladies, jemputlah jodoh melalui jalan yang sudah ditunjuk-Nya agar perjalanan hidup bersama pasangan senantiasa mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading