Sukses

Lifestyle

5 Festival Budaya Yang Menarik Dikunjungi Bulan Juli-Agustus 2017

Momen liburan adalah momen yang dinanti-nanti setiap orang. Di bulan Juni ini, kita punya waktu yang cukup panjang untuk urusan liburan karena libur Lebaran.

Sayangnya nggak semua orang bisa berlibur di saat yang lainnya menikmati tanggal merah. Urusan pekerjaan atau studi yang tak bisa ditinggalkan, bisa jadi faktor-faktor yang membuatmu jadi 'terpuruk' karena gagal berlibur. Tapi nggak usah khawatir, ambil saja cutimu dan nikmati beberapa festival-festival budaya menarik di dalam negeri ini.

Pergi liburan nggak musti ke luar negeri kok. Di dalam negeri pun bisa. Kalau biasanya kamu bepergian ke tempat-tempat wisata yang mainstream, wisata budaya yang diadakan di kota-kota di Indonesia juga nggak kalah menarik lho.

Beberapa tahun belakangan ini, wisata budaya menjadi alternatif pilihan liburan yang banyak diminati, nggak cuma oleh masyarakat lokal tapi juga internasional. Wisata budaya menjadi sarana memperkenalkan kekayaan budaya, alam dan adat-tradisi yang menarik, khususnya untuk anak-anak.

Nah, festival apa saja sih yang diselenggarakan dalam waktu dekat (bulan Juni - Agustus)? Berikut beberapa acara yang bisa dipilih:

Juni - Festival Danau Sentani Papua

Copyright festivaldanausentani.com

Siapa yang meragukan eksotisnya dan kayanya tradisi suku-suku Papua? Festival Danau Sentani menyelenggarakan acara yang memikat, seperti pertunjukan adat, seni dan budaya dari 16 suku yang ada di Papua.

Warga setempat juga turut memamerkan berbagai produk-produk buatannya, misalnya kerajinan kulit kayu, batik, olahan sagu, cokelat, kopi hingga buah merah. Yang lebih menarik lagi, festival ini diadakan di Danau Sentani yang indah.

Festival Danau Sentani akan diadakan tanggal 19 hingga 23 Juni.

Juli - Upacara Adat Tengger "Yadnya Kasada" Gunung Bromo

Copyright wisatagunungbromo.com

Ritual tahunan terbesar suku asli Tengger yang bermukim di Gunung Bromo ini dilangsungkan sekitar tanggal 9-10 Juli 2017. Dalam ritual ini, masyarakat suku Tengger melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo setiap tahunnya, khususnya pada hari ke-14 bulan Kasada.

Ritual upacara Kasada ini diawali dari kisah Roro Anteng dan Joko Seger yang tak kunjung dikaruniai anak. Akhirnya keinginan mereka memiliki anak dikabulkan oleh Sang Hyang Widhi setelah melalui masa bertapa. Dari 24 anak yang dikaruniakan pada mereka, Sang Hyang Widhi memberikan syarat yaitu harus melemparkan anak yang ke-25 ke kawah Gunung Bromo sebagai persembahan. Namun, pasangan ini tidak melakukannya sehingga Sang Hyang Widhi pun marah.

Ritual upacara Kasada ini termasuk yang dinanti-nanti dan yang cukup besar di Indonesia. Selain kisahnya yang menarik dan sarat makna, Mom dan keluarga bisa menikmati keindahan Gunung Bromo dari ketinggian 2.329 mdpl.

Agustus - Dieng Culture Festival

Copyright diengfuntrip.com

Dinginnya Dataran Tinggi Dieng menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi di bulan Agustus tahun ini akan diadakan acara Dieng Culture Festival. Acara tahunan ini menjadi begitu diminati wisatawan lokal maupun mancanegara karena keunikan acaranya, misalnya ritual pemotongan rambut gimbal, menerbangkan ribuan lampion hingga festival jazz.

Siapkan dirimu, acara ini akan dihelat mulai tanggal 5 hingga 7 Agustus.

Agustus - Jember Fashion Carnival

Copyright metro.co.uk

Sudah menjadi agenda tahunan berskala internasional, tahun ini Jember kembali mengadakan Jember Fashion Carnival 2017. Dilansir dari website jemberfashioncarnival.com, gelaran ke-16 JFC kali ini sudah membuka pendaftaran untuk media dan fotografer yang berminat. Jangan sampai ketinggalan menjadi bagian dari ajang fashion internasional ini, Ladies!

Sepanjang tahun - Banyuwangi Festival 2017

Copyright banyuwangi.club

Banyuwangi mulai menampakkan geliatnya sebagai tujuan wisata yang kaya, bukan hanya wisata alam tetapi juga kekayaan wisata sosial. Di tahun 2017 ini, Banyuwangi mengagendakan sebanyak 72 festival yang diselenggarakan setiap bulan, sepanjang tahun.

Berikut beberapa acara di bulan Juli dan Agustus yang bisa kamu nikmati jika singgah di kota yang dijuluki Sunrise of Java ini:

Juli: Puter Kayun Lebaran (4 Juli), Festival Sego Lemang & Kopi Uthek (8 Juli), Festival Teknologi Inovatif (19-22 Juli), Lalare Orchestra Concert (22 Juli)
Agustus: Festival Kembar (1-17 Agustus), Scout Lampion Carnival (14 Agustus), Festival Tumpeng Sewu (24 Agustus), Student Jazz Festival (25-26 Agustus).

Begitu beragam festival-festival budaya yang ada di negeri kita sendiri. Rasanya nggak cukup waktu 365 hari untuk mengunjungi satu demi satu ya. Apa rencana liburanmu pertengahan tahun ini, Ladies?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading