Sukses

Lifestyle

5 Rekomendasi Es Krim Legendaris di Indonesia, Wanna Try?

Bicara soal es krim memang nggak ada habisnya. Makanan pencuci mulut yang muncul pertama kali di abad 17, disajikan untuk Pangeran Charles I ini memang punya daya tarik tersendiri. Tekstur dan varian rasa yang semakin berkembang dari hari ke hari, membuat es krim selalu diburu oleh orang-orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, walau bukan makanan tradisional, tetap punya tempat sendiri di hati penggemarnya. Sekalipun kini di Indonesia sudah mulai banyak berdiri gerai-gerai es krim modern dan yang membuka cabang dari luar negeri, es krim legendaris Indonesia yang cara pembuatannya masih sederhana tetap tiada duanya. Nah, kalau kamu penggemar es krim, 5 toko es krim legendaris di Indonesia ini wajib kamu cicipi:

Toko "Oen" Malang

Copyright travelngalam.com

Restoran yang berdiri sejak tahun 1930-an di Kota Malang ini memang sangat terkenal karena merupakan restoran kuno sejak zaman Belanda. Es krim toko "Oen" dibuat tanpa bahan pengawet dan perasa buatan. Kalau kamu mengunjungi salah satu restoran yang berarsitektur gothic di kawasan historis Kota Malang ini, jangan lupa mencicipi Banana Split-nya yang terdiri dari dua buah pisang dan tiga scoop es krim vanila, strawberry serta coklat, plus whipped cream yang menggoda. Yum!

Selain es krim, cicipi juga aneka masakan Indo-Belanda di restoran ini sembari menikmati suasana Kota Malang yang sejuk.

Es krim Ragusa, Jakarta

Copyright tripadvisor.com

Kalau Malang punya toko Oen, Jakarta punya Ragusa. Toko es krim ini berdiri tahun 1932. Bahan-bahan pembuat es krim Ragusa ini benar-benar alami, dari susu segar, sehingga rasanya sangat creamy dan lembut. Es krim Ragusa terkenal akan menu Spaghetti Ice Creamnya, yaitu es krim yang dibentuk seperti spaghetti, diberi taburan topping kacang tumbuk, sukade serta cokelat cair.

Zangrandi, Surabaya

Copyright panduanwisata.id

Mendengar nama Zangrandi, pikiran saya langsung melayang pada es krim tart jadul yang ikonik. Ya, Zangrandi yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Surabaya ini, memang terkenal dengan es krim tart yang menggoda. Ada beberapa menu yang bisa dicoba di tempat ini, misalnya camilan-camilan risoles, kroket, pastel tutup, siomay ataupun kentang goreng dengan harga yang terjangkau.

Tip Top Restaurant, Medan

Copyright klikhotel.com

Medan selalu berhasil memanjakan perut. Selain kuliner mie khas Medan yang populer dan selalu bikin pengen kembali ke kota ini, jangan lupakan juga restoran jadulnya yang menyimpan sajian kuliner es krim yang unik. Disebut Moorkop, sajian berupa es krim vanila ini dihidangkan dengan diapit oleh cream puff yang kemudian dilumuri lelehan cokelat cair. Kebayang dong, satu sendok saja rasanya yang kaya memenuhi seluruh rongga mulut. Juara!

Selain itu, di Tip Top juga masih menggunakan oven tradisional. Bahkan masih ada hand-dryer kuno yang masih berfungsi. Salah satu restoran dengan nilai historis tinggi yang tak boleh diabaikan begitu saja kalau kamu berkelana ke Medan.

Rasa Bakery dan Cafe (PT Rasa), Bandung

Copyright tripadvisor.com

Selain Malang, Bandung adalah surganya makanan. Salah satu yang wajib dicoba adalah Rasa Bakery and Cafe atau lebih dikenal dengan PT Rasa. PT Rasa sebetulnya adalah bakery yang menjual aneka roti, cake dan snack. Tetapi, jangan kelewatan melirik aneka es krim homemade buatan cafe ini. Rasa-rasa yang ditawarkan, mengingatkan kita pada zaman Belanda, misalnya Rhum Raisin dan Tutti Fruity.

Sebagai pendamping makan es krim, camilan yang kudu dicicipin adalah Kassoesjes alias sus mini dengan olesan krim cheese, serta Bitterballen yang kentangnya berasa lumer di lidah. Yum!

Nah itu dia lima rekomendasi toko es krim legendaris yang ada di Indonesia. Sudah pernah mencoba yang mana nih, Ladies? Atau kamu punya rekomendasi toko es krim legendaris lainnya di kotamu?

(vem/wnd)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menghindari Nyeri Pinggang karena Duduk Terlalu Lama di Perjalanan
Artikel Selanjutnya
3 Ide Destinasi dengan Wellness Retreat di Negeri Paman Sam