Sukses

Lifestyle

Jangan Terlena, Ini Cara Bijak Menggunakan THR Jelang Lebaran

Ladies salah satu yang dinanti oleh para pegawai di bulan ramadan adalah bonus atau yang lebih dikenal dengan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan tempat bekerja. Saat mendapatkan THR kebanyakan orang pasti terlena dan langsung terburu-buru belanja membeli barang-barang kebutuhan ramadan seperti baju baru, kue-kue, hingga memberikan THR kepada sanak saudara. Tak terasa uang pun habis, padahal dari uang THR tersebut sebenarnya bisa kita tabung untuk kebutuhan yang lebih penting.

Lalu bagaimana cara menggunakan uang THR dengan bijak? Nah, seorang pakar Konsultan Keuangan dan penulis buku: Finchickup, Farah Dini memberikan solusi bagaimana cara mengelola THR dengan baik.

Menurut Farah hal utama yang dilakukan ialah menghitung dan mencatat kebutuhan apa saja yang ingin dibeli agar uang THR tidak terbuang percuma. Kemudian bayarlah terlebih dahulu prioritas sebelum menggunakannya untuk berbelanja.
Copyright: (Vemale.com)
"Gunakan uang THR hal-hal wajib seperti bayar zakat itu kan penting sekali. Lalu jika memiliki pembantu rumah tangga bayarlah dulu THR mereka. Setelah itu, baru kamu boleh menggunakan uang THR untuk keperluan lebaran," ujar Farah saat ditemui dalam acara 'Cerdas Kelola Keuangan di bulan Ramadan Bersama Home Credit Indonesia, Ayo #DoITCerdas, di Jakarta.

Nah, ketika membeli tiket mudik biasanya kita masih menggunakan uang tabungan, Farah memaparkan bahwa uang tabungan tersebut harus diganti jika sudah mendapatkan uang THR agar tabunganmu tidak ikut terkuras untuk biaya ramadan.

"Jadi ketika kita lebaran, kita sudah memiliki budget pengeluaran dan membelanjakan pun sesuai budget, jadi di awal kita sudah tahu akan habis uang berapa banyak, seperti hitung untuk pengeluaran kita mudik, ngasih orangtua dan sanak saudara, hingga membeli baju dan kue lebaran," tambahnya.

Jika sudah bersuami, bicarakan masing-masing harus keluar uang berapa banyak. "Semua harus dianggarkan, sebaiknya ramadan perbanyak beramal saja. Dengan memiliki anggaran tentu kita masih bisa menabung dari uang THR tersebut," tutupnya.

Semoga tips ini bermanfaat dan kamu bisa berhemat dengan THR tahun ini ya Ladies.

(vem/asp/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading