Sukses

Lifestyle

Biar Rumah Kos Aman Saat Ditinggal Mudik, Begini Tipsnya!

Lebaran tinggal sebentar lagi dan libur panjang juga pekan mudik sudah di depan mata. Buat kamu yang sedang merantau, lebaran kali ini mudik dan pulang kampung juga nggak nih? Bagi masyarakat Indonesia, mudik adalah agenda yang penting dilakukan. Berkumpul bersama keluarga cinta saat hari raya Idul Fitri akan terasa hangat dan bikin rindu setiap tahunnya.

Bagi yang hendak mudik, selain tiket kendaraan menuju kampung halaman, apalagi nih yang sudah disiapkan? Segala persiapan mudik harus disiapkan dengan matang ya. Mulai dari keamanan berkendara, keamanan tempat tinggal yang ditinggalkan mudik hingga kenyamanan selama mudik.

Nah, buat kamu yang kebetulan sedang di luar kota dan tinggal di rumah kos atau kontrakan, penting untuk menjaga keamanan kos selama kamu meninggalkannya. Berikut adalah tips agar rumah kos aman saat ditinggal mudik.

Matikan Aliran Listrik & Kompor
Penting untuk mematikan kedua hal ini. Aliran listrik dan aliran kompor. Mematikan keduanya saat kamu meninggalkan kos akan mengurangi risiko kebakaran atau risiko berbahaya lainnya.

Bersihkan Tempat Tidur
Lepas sprei, sarung bantal dan sarung guling. Bersihkan tempat tidur selama kamu pulang kampung atau mudik. Selain bisa membuat suasana kamar tetap bersih saat kembali, ini juga meminimalisir bersarangnya kecoa, laba-laba atau nyamuk di dalam kamar. Masukkan boneka dan benda-benda yang gampang berdebu ke dalam plastik agar kamar semakin bersih.

Rapikan Kamar Kos/Kontrakan
Usahakan untuk merapikan setiap benda yang ada di kamar kos/kontrakan. Kerapian ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat kembali dan tidak harus bersih-bersih dua kali setelah mudik. Buang juga sampah atau benda-benda yang tidak diperlukan. Selain harus rapi, penting untuk membuat kos/kontrakan bersih 7 wangi.

Kosongkan Bak Kamar Mandi
Pastikan untuk mengosongkan bak atau ember di kamar mandi. Ini akan bantu meminimalisir perkembangbiakan nyamuk. Ini juga akan bikin kamar mandi senantiasa bersih meski ditinggal dalam waktu cukup lama.

Kunci Almari & Amankan Barang-Barang Berharga
Amankan segala macam barang berharga yang ada di kos/kontrakan. Kamu juga wajib mengunci almari atau ruang penyimpanan lainnya. Kunci juga pintu, jendela dan apapun yang menjadi akses untuk masuk ke dalam kos/kontrakan.

Titipkan Kos/Kontrakan Pada Orang Terpercaya
Selama kamu pulang untuk mudik, disarankan agar kamu meminta tetangga kos atau warga sekitar untuk selalu mengawasi tempat kos yang kamu tinggal pulang. Tapi ingat, mintalah pengawasan dari orang-orang yang terpercaya dan bisa mempertanggungjawabkan jika ada apa-apa selama kamu mudik.

Itulah beberapa tips menjaga tempat kos/kontrakan senantiasa aman selama ditinggal mudik. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menikmati liburan juga waktu mudik yang panjang.

(vem/mim)
Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran