Sukses

Lifestyle

Rayakan HUT DKI Jakarta, Sudah Cicipi 5 Kuliner Khas Betawi Ini?

Tahun ini Jakarta menapaki usianya yang ke-490 tahun. Hampir 5 abad berdiri, tentu Jakarta telah melewati warna-warni kehidupannya, dari zaman penjajahan hingga kini menjadi kota metropolitan terbesar di Indonesia.

Bicara soal Jakarta, tak bisa dilepaskan dari kekhasan suku Betawi. Suku Betawi umumnya memang bertempat tinggal di Jakarta. Maka tidak heran jika pengaruh kebudayaan suku ini terasa begitu kental, begitu kita menginjakkan kaki di Tanah Batavia. Apalagi jika menyoal berbagai kulinernya. Nah, di hari ulang tahun Jakarta ini, yuk kita menelusuri aneka makanan khas Betawi yang nikmat menggoyang lidah, misalnya:

Kerak Telor

Copyright merdeka.com/Imam Buhori

Menyebut "kerak telor", pasti ingatan kita akan melayang ke pedagang-pedagang kaki lima yang berjajar di sepanjang Monas atau kini banyak berjualan di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Yup makanan ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang bentuknya seperti martabak. Dibuat dari telur (biasanya telur bebek), dengan ketan, yang dimasak garing di atas tungku. Setelah matang, ditaburi ebi yang menggoda selera. Citarasa kerak telor ini gurih asin. Nggak heran jika makanan khas ini punya banyak penggemar dari berbagai daerah, tak hanya orang Jakarta saja.

Semur Jengkol

Copyright commons.wikipedia.org

Walau di daerah lain jengkol juga diolah menjadi berbagai panganan, tapi tak ada yang mengalahkan kepopuleran semur jengkol khas Betawi. Gimana nggak, meski terkenal dengan baunya yang menyengat, orang Betawi bisa mengolah buah jengkol ini dengan rasa yang enak. Jangan lupa, semur jengkol pedas dengan sepiring nasi putih panas, dijamin nggak cukup sepiring deh!

Resep Semur Jengkol Pedas, di sini

Soto Betawi

Copyright beragambumbu.id

Hampir di setiap daerah di Indonesia, memiliki menu soto. Pastinya dengan ciri khas masing-masing. Tak terkecuali soto Betawi yang diolah dengan daging sapi, tomat dan kentang. Yang membedakan soto Betawi dengan soto-soto daerah lain adalah kuahnya yang kental dan gurih karena memakai santan di dalamnya. Salah satu makanan Betawi yang masih awet hingga saat ini nih, Ladies.

Resep Soto Betawi Ala Sisca Soewitomo di sini

Laksa Betawi

Copyright indoindians.com

Panganan berkuah lainnya yang khas dari Betawi adalah laksa. Laksa berisi telur, perkedel, bihun, suwiran daging ayam, daun kemangi dan daun kucai. Menyerupai soto, tapi rasanya lebih manis. Sayangnya kini jarang warung atau depot yang menjual makanan yang dulunya banyak dijual orang Cina-Betawi ini.

Es Selendang Mayang

Copyright resepdanmasakan.com

Cuaca Jakarta yang panas paling enak diademin dengan semangkuk es yang gurih dan segar, yaitu es selendang mayang. Minuman khas Betawi ini terdiri dari potongan puding tiga warna yang dibuat dari tepung beras dan tepung hunkwe. Disiram dengan kuah santan manis beraroma pandan dan es serut. Wah! Sukses melegakan dahaga deh.

Resep Es Selendang Mayang di sini

Dari kelima makanan khas Betawi ini, manakah yang jadi favoritmu?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading