Sukses

Lifestyle

Hari Populasi Dunia 2017: Yuk Pakai Pengaman Untuk Dual Proteksi

Ladies, seperti yang diketahui kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling praktis digunakan untuk mencegah kehamilan. Sayangnya di Indonesia, awareness soal alat kontrasepsi ini masih kurang. Karena itulah di Hari Populasi Sedunia 2017 ini kampanye untuk menggunakan 'pengaman' sex untuk pria sebagai proteksi terus dicanangkan.

Perayaan  hari  populasi  sedunia  menjadi momentum  untuk menilibalik keberhasilan program Keluarga Berencana di Indonesia.  Berdasarkan laporan terakhir PBB  tahun 2017, jumlah populasi masyarakat dunia akan mencapai 9,8 milyar pada tahun 2050.  Sedangkan  Indonesia diperkirakan  akan  menjadi  negara  terbesar  ke  sembilan penyumbang  pertumbuhan  populasi  tersebut.  Saat  ini, penguatan  kontrasepsi  sedang menjadi salah satu perhatian oleh Pemerintah untuk mengatasi isu populasi. Salah satunya melalui program Kondom Dual Proteksi.

"Sebagai  salah  satu  alat  kontrasepsi  yang  terjangkau  dan  efektif  untuk  mencegah kehamilan,  kondom  dapat  menjadi  salah  satu  pilihan  favorit  bagi  pasangan  dalam berkontrasepsi.  Bahkan  jika  Anda  telah  menggunakan  alat  kontrasepsi  lainnya,  kondom masih  penting  untuk  digunakan  guna  menjaga  diri  dari  Infeksi  Menular  Seksual  maupun HIV," ungkap  Pierre  Frederick,  Deputy  GM  Consumer  Healthcare  Unit  PT.  DKT International.

"Lebih dari 80% orang yang terinfeksi HIV dan IMS disebabkan oleh aktivitas seksual  yang  berisiko.  Untuk itu,  sudah  seharusnya  menjadi  perhatian  bahwa  promosi program  Keluarga  Berencana  yang  selama  ini  hanya  menekankan  pada  pencegahan terhadap kehamilan, harus mulai  lebih  ditekankan dengan  upaya untuk mencegah diri  agar terhindar  dari  HIV  dan  IMS.  Mengingat  masyarakat  Indonesia  belum banyak  memperoleh informasi akan pentingnya hal tersebut," tambah Pierre.

Masyarakat yang masih menganggap tabu akan pendidikan seksual; Stigma terhadap orang yang  membeli  'pengaman' untuk pria;  Hingga  keengganan memakai 'pengaman' untuk pria merupakan beberapa kendala penyebab kurang berhasilnya program Kondom Dual Proteksi. Padahal 'pengaman' untuk pria ini punya banyak sekali keunggulan seperti 99 % efektif mencegah kehamilan bila digunakan dengan benar; aman, praktis dan sangat terjangkau; tidak memiliki risiko hormonal, juga tidak mengganggu kesehatan serta tidak mengganggu produksi ASI, dan masih banyak lagi.

"Manfaat kondom sebagai metode kontrasepsi yang terjangkau, mudah digunakan, aman, dan tidak memiliki risiko hormonal menjadi alasan mengapa alat kontrasepsi  ini dapat menjadi pilihan favorit bagi pasangan," tutup Pierre.

Pada tahun 2017 ini, DKT International juga telah mengampanyekan 'Ubah  Hidup  Lo' sebagai kampanye sosial untuk mendidik masyarakat Indonesia mengenai pentingnya langkah pencegahan diri terhadap HIV dengan TTM (Tahan Diri, Tetap Setia, Main Aman).

Yuk Ladies, tingkatkan awareness dengan menggunakan alat kontrasepsi agar aman dan nyaman saat bercinta.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading