Sukses

Lifestyle

YouTube Kids Hadirkan Aplikasi yang Ramah Bagi Keluarga Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pada bulan September lalu, YouTube secara resmi meluncurkan YouTube Kids di Indonesia, sebuah aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan kebutuhan anak dan didesain khusus untuk menjadi aplikasi yang ramah keluarga.

Hingga saat ini, YouTube Kids telah diluncurkan di lebih dari 38 negara dan ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia, juga berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia.

"Prioritas utama dari YouTube adalah untuk memberikan akses bagi orang tua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur dan juga ramah keluarga. YouTube Kids memberikan orang tua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka lihat dan pelajari," kata Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, di kawasan Kuningan, Selasa (27/11).

YouTube Kids diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak, khususnya di umur 2 - 10 tahun, untuk dapat mengeksplorasi rasa keingintahuan dan imajinasi mereka.

 

Beragam Fitur yang Ada di YouTube Kids

YouTube Kids mendekatkan keluarga dengan menciptakan cara yang mudah dan menyenangkan bagi mereka untuk menemukan hiburan dan belajar bersama dalam lingkungan menonton yang lebih aman. Konten hiburan keluarga dan pembelajaran adalah salah satu kategori konten yang paling cepat berkembang di YouTube.

Di aplikasi YouTube Kids, orang tua memiliki lebih banyak kontrol dengan fitur-fitur seperti:

1. Timer

Untuk mengatur waktu anak-anak menonton video.

2. Penyesuaian Berdasarkan Umur

Di YouTube Kids, orang tua bisa memilih tiga kelompok usia (prasekolah, usia sekolah atau semua).

3. Profile anak-anak

Para orangtua dapat membuat profil untuk masing-masing anak.

4. Pengatur Suara

Pilihan untuk mematikan latar musik dan efek suara.

5. Mode Persetujuan Orangtua

Para orangtua dapat memilih sendiri setiap video dan channel yang tersedia untuk anak mereka.

6. Passcode Anak

Fitur ini menyediakan passcode untuk mereka.

Banyak Channel yang mengedukasi

Tab 'Pembelajaran' (Learning) pada aplikasi YouTube Kids menyediakan akses bagi anak-anak dan keluarga ke lebih dari 1 miliar konten edukasi di YouTube setiap hari, seperti channel 'Kok Bisa' dan channel 'Kastari Sentra' yang pada hari ini juga menerima Gold Creator Award karena telah mencapai 1 juta subscriber.

YouTube selalu berusaha untuk mempromosikan konten lokal yang menginspirasi untuk menjadi bahan pengajaran dan pendidikan bagi anak-anak. Untuk mencapai hal ini, di sini bekerjasama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia meluncurkan inisiatif Dongeng Yuk! dimana kami berusaha mengangkat kembali cerita rakyat sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.

 

Terdapat 34 cerita rakyat dari 34 provinsi yang kami angkat kembali untuk diceritakan. Kami berharap  kegiatan ini mampu membantu melestarikan cerita rakyat Indonesia serta pesan moral positif di dalamnya yang patut diteladani tidak hanya kepada masyarakat Indonesia tetapi juga kepada dunia." kata Ryan Rahardjo, Senior Analyst Public Policy & Government Relations Google Indonesia.

YouTube juga bekerjasama dengan Transvision untuk menghadirkan YouTube Kids ke layar TV pengguna melalui Setup Box Hybrid Android. Aplikasi YouTube Kids saat ini sudah dapat diunduh secara gratis di Google Play dan App Store.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading