Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Daun Singkong Agar Empuk, Tidak Bau dan Pahit

Daun singkong menjadi salah satu sayuran dengan nutrisi dan vitamin tinggi buat tubuh. Buat kamu yang punya masalah dengan darah rendah, sangat penting nih buat mengonsumsi daun singkong. Vitamin dan beberapa nutrisi lain di dalam daun singkong dipercaya bisa meningkatkan serta menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Selain baik buat kesehatan, daun singkong juga memiliki rasa yang enak. Ketika daun singkong diolah dengan benar, dipastikan bahwa masakan apapun yang terbuat dari daun singkong akan bikin nagih. Salah satunya adalah sayur tumis daun singkong dan bobor daun singkong.

Bicara mengenai daun singkong, Vemale punya tips bagaimana memasak daun singkong agar empuk, tidak berbau langu dan tidak pahit. Seperti apa tipsnya? Simak yang berikut ini.

Pilih Daun Singkong Muda
Sebelum memasak daun singkong, pastikan untuk memilih daun singkong yang masih muda. Selain akan lebih cepat empuk saat dimasak, ini juga memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Pisahkan Tangkai Daun Singkong dan Daunnya
Selalu pisahkan tangkai daun singkong dan daunnya sebelum dimasak. Bukan hanya dipisahkan, akan lebih baik jika tangkai daun singkong dibuang hingga bagian terdekat dengan daun. Tangkai daun yang tidak buang akan membuat rasa daun singkong kurang nendang di lidah.

Rebus Daun Singkong Saat Air Telah Mendidih
Pastikan bahwa air untuk merebus daun singkong telah mendidih sebelum memasukkan daunnya ke dalam air. Air yang mendidih akan lebih mudah membuat daun singkong cepat empuk, layu dan tidak berbau. Air uang digunakan untuk merebus daun singkong juga harus banyak atau setidaknya bisa merendam semua daun yang hendak direbus.

Tambahkan Sedikit Garam Saat Merebus Daun Singkong
Garam bisa menetralisir aroma tidak sedap daun singkong. Garam juga bisa membantu daun singkong lebih cepat empuk dan matang sempurna. Ini juga bantu membuat rasa daun singkong yang dihasilkan lebih gurih dan enak.

Pastikan Api Kompor Stabil
Api kompor yang stabil bisa membuat suhu air untuk merebus daun singkong stabil pula. Dengan kestabilan ini, daun singkong yang direbus bisa matang sempurna. Selain memastikan api kompor untuk merebus daun singkong stabil, jangan lupa untuk mengaduk daun singkong yang direbus agar semua daun matang sesuai harapan.

Itulah tips merebus dan memasak daun singkong agar empuk, tidak dan tidak pahit. Satu lagi, untuk bumbu yang digunakan untuk memasak pastikan bahwa bumbu masih baru dan takarannya pas. Daun singkong yang sudah direbus hingga empuk ini selanjutnya bisa diperas airnya dan diolah menjadi berbagai masakan baik itu kari, bobor atau tumis.






(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading