Sukses

Lifestyle

Kenali Motif dan Makna Batik dalam Pernikahan Adat Jawa

Tanggal 2 Oktober dikenal sebagai hari Batik Nasional. Hari batik yang jatuh tanggal 2 Oktober dipilih langsung oleh UNESCO. Batik dianggap sebagai warisan dunia. Nah, tahukah kamu jika batik memiliki banyak motif? Dan tentu saja setiap motif batik memiliki makna sendiri. Seperti pemilihan motif batik yang dipakai dalam pernikahan adat jawa. Setiap motif yang dipakai memiliki makna dan filosofi yang berbeda.

Ladies, berikut ini adalah makna motif batik yang dipakai dalam pernikahan adat jawa. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sido Mulyo

Motif sido mulyo/copyright kaosbatikpekalongan.wordpress.com

Bentuk motif batik sido mulyo adalah geometris yang membentuk bidak persegi. Masing-masing bidang diisi dengan berbagai motif, misalnya pohon, kupu-kupu dan motif garuda.

Batik motif ini digunakan untuk mempelai pada saat pernikahan. Motif ini memiliki makna agar kedua mempelai hidup bahagia, sejahtera dan dilimpahkan banyak rejeki sehingga pernikahannya langgeng.

Sido Luhur

Motif batik sido luhur biasa dikenakan oleh pengantin wanita. Makna dari motif ini adalah, bahwa mempelai bermakna dari segi materi dan non materi di mana kedua mempelai dapat hidup berkecukupan dan keluhuran budi, tindakan, serta ucapan.

Sido Asih

Motif sido asih/copyright ubatik.files.wordpress.com

Memiliki pola semen. Pola ini biasanya berupa gambar tumbuhan atau gunung, tempat berseminya tanaman. Batik motif sico asih ini juga dikenakan oleh mempelai wanita pada malam pesta pernikahan.

Makna pengantin memakai motif sido asih adalah agar pasangan pengantin akan dilimpahi kasih sayang dan kebahagiaan selama pernikahan.

Sido Mukti

Motif sico mukti/copyright http://kesolo.com

Motif ini biasa dikenakan pengantin dalam pesta pernikahan adat jawa. Makna dari motif sido mukti adalah agar mempelai pengantin mencapai kemakmuran dalam kehidupan berumahtangga kelak. Serta mempelai memiliki masa depan yang baik.

Nah, demikian 4 motif batik yang biasa digunakan dalam pernikahan adat jawa. Tertarik untuk mengenakan batik di hari pernikahan? Selamat hari batik nasional, ladies!

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading