Sukses

Lifestyle

Ingin Buka Bisnis Sendiri? Ini Tips-nya Dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Kini, para pelaku industri kreatif datang dari para anak muda yang memiliki ide-ide kreatif, yang bisa menjadi peluang bisnis bagi dirinya dan orang lain. Dalam mengembangkan ide kreatif hingga menjadi sebuah bisnis, bukan hanya 'suntikan' modal saja yang dibutuhkan, melainkan sikap seorang pebisnis.

Nah, kini kamu tak perlu khawatir sebab Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan 'angin segar' kepada pelaku bisnis khususnya untuk kalangan anak muda.

Ia berpesan, untuk tidak lelah menciptakan ide-ide kreatif yang beda dari yang lain. Seperti contoh nyata Nadiem yang sukses dengan idenya memiliki platform Gojek, yang sudah berhasil berhubungan dengan banyak mitra gojek dan berbagai sektor lainnya.

"So you do it, bagaimana bridge-nya untuk menjadi kalau anda mem-produce sesuatu, jadi kalau punya ide lakukan saja sekarang," ujar Sri Mulyani saat ditemui dalam acara Ideafest 2017 di JCC, Jakarta.

Sri Mulyani mengatakan, ketika ide kreatif dikembangkan menjadi industri, itu akan bermanfaat bukan hanya untuk diri kita, melainkan untuk orang lain, karena kita mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Namun Sri Mulyani juga mengatakan, ketika kita memiliki usaha sebaiknya memiliki sikap yang baik terhadap orang lain.

"Orang yang kerja sama harus di-respect juga dong, jangan karena merasa kamu kreatif, maka harus respect dengan kamu, itu attitude yang enggak benar juga," tambahnya.

Begini tips memulai usaha dari Menteri Keuangan Sri Mulyani/copyright Vemale.com/Anisha

Memiliki rasa tanggung jawab dan saling menghargai pun salah satu kunci keberhasilan menjalankan usaha karena setiap usaha tentu berhubungan langsung dengan orang banyak atau masyarakat.

Setelah ide itu terwujud, maka diperlukan juga tata cara pengelolaan yang baik. Tata cara pengelolaan yang baik akan mempengaruhi suatu usaha yang baru dirintis untuk mendapatkan modal.

"Waktu meminjam uang orang saat mencari modal, kamu harus punya tata kelola yang baik, jangan menjamin bahwa kamu itu untung terus, karena orang yang kasih pinjaman itu tahu kalau kamu punya risikonya, tapi kamu kemudian seenaknya sendiri, itu karakter yang membedakan pengusaha sukses atau tidak, apakah Anda waktu meminjam itu Anda menunjukkan responsibility," ungkapnya.

Lalu, setelah semua itu dilalui. Sri Mulyani menyarankan untuk mematenkan ide kreatif agar tidak bisa dicontek oleh orang lain.

"Patenkan ide kreatif tuh penting banget, nanti kalo tidak dipantenkan karena kamu masih ragu, ada tetangga atau temen denger kalo kamu punya ide yang bagus, alhasil idemu dicuri orang. Kini mematenkan ide tidak sulit," tutupnya.

(vem/asp/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading