Sukses

Lifestyle

Daripada Ngumpul Cuma Ghibah, Mending Arisan Sekaligus Curhat Soal Kerjaan

Kisah sahabat Vemale yang diikutsertakan dalam Lomba Menulis Kocok-Kocok Ceria ini mungkin mewakili cerita banyak wanita lain di luar sana. Tentang inisiatif mengadakan arisan untuk melakukan aktivitas yang jauh lebih bermanfaat.

***

Arisan ini terbentuk dikarenakan alasan kami untuk tetep keep n touch sesama pegawai TKWT. Apa itu TKWT? TKWT adalah Tenaga Kerja Tertentu di Perusahaan tempat kami mencari nafkah. Yups kami adalah mahmud (mamah muda) yang membantu para suami mencari nafkah. Kenapa dibilang mahmud, karena umur kami masih sekitar 26-34 tahun.

Status sebagai TKWT di salah satu perusahaan swasta inilah yang membuat kami berkumpul. Awalnya nggak ada niat buat bikin arisan, tapi karena kami sadar kalau hanya sekadar kumpul aja ujung-ujungnya ghibah hehehehe, akhirnya tercetuslah omongan, "Kenapa kita nggak bikin arisan aja sebulan sekali sekalian kita share tentang kerjaan." Karena kami beda divisi tapi jabatan kami sama, yaitu sekretaris makanya kami sering share masalah kerjaan, masalah anak, hingga masalah karyawan organic yg sering memandang kita sebelah mata.

Kenapa kami bilang karyawan organic sering memandang kami sebelah mata? Yups mereka menganggap kami-kami para TKWT ini nggak bisa kerja. Helloooowww padahal kami itu sekretaris bukan hanya melayani atasan kami aja, tapi harus bisa semuanya. Ya booking ruang rapat, buat surat perjalanan dinas, permintaan alat tulis kantor, mengantar dokumen, dan seabrek kerjaan lain yang sulit dijabarkan satu-satu di sini, karena job desk kami bukan hanya melayani pekerjaan dari atasan saja tapi harus bisa membantu staf lainnya.

Daripada cuma ghibah, mending arisan./Copyright pixabay.com

Backgroundpendidikan sekretaris juga minimal D3 bahkan beberapa di antara kami ada yang S1 termasuk saya. Kalau ada yang nanya kenapa nggak nyoba untuk jadi karyawan organic? Di antara kami ada yang sudah menjadi karyawan organic, tapi nggak semua bisa masuk di kantor kami sekarang. Karena salah satu persyaratannya adalah belum menikah, sedangkan para peserta arisan mommy TKWT ini sudah menikah dan sudah punya anak.

Jadi untuk menjadi karyawan organic kami sudah tidak bisa masuk karena masalah status ini. Oke balik lagi ke alasan pembuatan arisan ini. Tujuan kami membuat arisan TKWT ini juga untuk kumpul-kumpul keep in touch. Karena memang nggak bisa setiap hari kita ketemu. Walaupun satu kantor tapi jujur kami nggak bisa ketemu tiap hari karena kesibukan masing-masing.

Nah dengan adanya arisan ini kami juga bisa menyisihkan sedikit dari kerja keras kami, yang jumlah nominalnya nggak besar tapi kalau dikumpulkan lumayan untuk tabungan. Arisan ini sudah berjalan di tahun ke-2, sedangkan kami bekerja sudah sekitar 5 tahun.

Kalau ada yang nanya kenapa nggak dari pertama kami ngadain arisan?  Jujur obrolan untuk buat arisan itu pernah ada, tapi karena status kami sebagai karyawan TKWT yang sewaktu-waktu bisa saja kontrak kami habis atau ada yang memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, jadi ya agak sulit mencari peserta arisan yang benar-benar terpercaya.

Kenapa arisan harus dipilih orang-orang terpercaya? Karena kami nggak mau berhenti di tengah jalan karena adanya peserta arisan yang resign terus nggak ada kabar akhirnya nunggak bayar arisan. Makanya kami lihat- lihat dulu orang-orang yang benar-benar tanggung jawab ikut arisan ini.

Nggak setiap hari bisa ketemu teman  arisan./Copyright pixabay.com

Arisan kami ini bernama arisan “Mommy Kece” sebenarnya tidak ada alasan untuk pilih nama, hanya terlintas aja di benak saya untuk menamakan arisan Mommy Kece. Jumlah peserta 10 orang wanita semua, tapi jarang banget kami kocok arisan bisa kumpul semua 10 orang. Karena ya itu tadi terkadang pas jadwal kita kocok arisan ada di antara kami yang tidak bisa ikut kumpul karena adanya kerjaan. Sebab memang kami kocok arisan pas jam istirahat kantor dan terkadang ada di antara kami yang nggak bisa ikut karena ada tugas dadakan dari atasan atau staf organic. Tapi kami saling tanggung jawab untuk tetap bayar arisan tepat waktu.

Peserta arisan ini sudah menjadi karyawan TKWT lebih dari 3 tahun dan ada beberapa dari kami sudah 5 tahun bekerja di kantor kami. Terkadang kami sering curhat masalah status kami yang masih kontrak padahal sesuai perundang-undangan DEPNAKER seharusnya maksimal 2 tahun harus diangkat menjadi karyawan atau diputus kontraknya. Apa kabarnya kami yang sudah lebih dari 2 tahun tapi belum ada pengangkatan karyawan tetap?

Harapan kami sebagai pencari nafkah di perusahaan kami, semoga ada kebijakan dari perusahaan untuk mensejahterakan kami, tentunya dengan diangkat menjadi karyawan tetap. Dengan adanya arisan ini setidaknya kami bisa saling bertukar cerita apa yang menjadi kesulitan kami walaupun nggak ada yang bisa kami perbuat banyak, tapi kami yakin semua yang sudah kita jalani dengan membantu para suami mencari nafkah akan ada balasan kebaikan dari Allah, aamiin.

Sekian cerita saya tentang arisan Mommy Kece TKWT. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk yang membacanya (syukur-syukur terpilih menjadi pemenang).

Salam,

Anggraini, S.sos

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading