Sukses

Lifestyle

Bunda, Yuk Kenali Penyebab Rambut Rontok Pada Si Kecil & Cara Mengatasinya

Bunda, tahukah kamu masalah rambut rontok bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa? Anak kecil seusia batita pun bisa mengalami hal tersebut. Masalah kerontokan pada rambut si kecil tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi. Sebab jika dibiarkan, rambut anak bisa mengalami kebotakan.

Dikatakan dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari klikdokter.com bahwa arambut anak bisa rontok karena gesekan, seperti saat tidur menggunakan bantal. "Penyebab lain kerontokan ialah dari faktor genetik, asupan nutrisi seperti kurangnya zinc atau zat besi serta kondisi kesehatan," ujar dr. Nitish saat ditemui dalam acara 'Vemale and My Kid and I present Zwitsal Playdate: Bunda, Yuk Kenali Rambut Rontok Pada Anak' di Tamani Kids Kemang, Jakarta, Minggu (15/10).

Tak hanya itu, kerontokan rambut pada anak juga bisa disebabkan oleh jamur atau yang disebut Tinea capitis. Kondisi ini merupakan bentuk kurap yang menyebabkan kulit bersisik pada kulit kepala. Ada pula kondisi yang disebut Alopecia areata --kondisi folikel rambut yang rusak sehingga membuat rambut rontok dengan bentuk bulat atau oval di kulit kepala namun tidak menular ke orang lain.

"Bentuknya jadi semacam patches (tambalan) di kulit kepala," papar dr.Nitish lagi.

Zwitsal Playdate bersama Vemale.com dan My Kids and I/Sabrina Rahma

Masalah rambut rontok pada anak juga pernah dialami influencer cantik, Mama of Snow atau Tara Amelz. Tara mengaku memilih solusi mudah dengan mencari shampo yang memiliki kandungan Aloe vera, seledri, dan kemiri seperti yang dimiliki produk bayi Zwitsal. Itu semua juga ditambah dengan hair lotion. 

"Sebelum tidur sisirin anak dulu biar pas tidur anak ngga kusut rambutnya. Jika masih basah jangan suruh tidur atau sisiran, sebaiknya tunggu sampai kering. Lalu gunakan shampo Zwitsal yang mengandung tiga bahan alami tersebut. Terakhir, pakai hair lotion," tutur Tara ketika ditemui di acara yang sama.

Selain itu Bunda juga harus selalu mengawasi anak-anak ketika bermain karena benturan atau tarikan bisa menyebabkan kerontokan juga. Seperti yang pernah dialami Aiyra, anak dari influencer ternama, Adya Kirana. Adya bercerita dulu rambut anaknya sempat rontok akibat tarikan.

"Dulu anak saya sedang main dengan sepupu, namun tanpa disengaja sepupunya menarik rambutnya hingga rambutnya rontok segenggaman tangan. Mulai dari situ rambutnya rontok," ujar Adya.

Berbekal pengalaman ini, Adya jadi rajin mengolesi rambut anaknya dengan lidah buaya, minyak kelapa, dan kemiri. "Namun kalau menggunakan kemiri agak ribet yah harus item-item semuanya. Jadi saya cari yang praktis dengan mencari shampo yang mengandung kemiri seperti yang dimiliki Zwitsal. Tak hanya kemiri, shampo Zwitsal ini mengandung Aloe vera dan seledri. Jadi rambut anakku tidak rontok lagi," tambahnya.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading