Sukses

Lifestyle

Mengukur Popularitas Toko Online Pada Hari Jomblo 2017

11 November atau 11.11 beberapa waktu lalu telah diperingati sebagai hari “Jomblo” atau Singles Day. Tanggal ini juga dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari toko online yang ada di Asia, termasuk Indonesia. Beberapa hari lalu, kita juga telah melihat banyak toko online yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11ini. Beberapa di antaranya, Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Riset ini dilakukan untuk melihat bagaimana popularitas toko online pada momentum 11.11 tahun 2017 tersebut. Dalam riset ini, iPrice membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends yang berdasar pada waktu dan juga wilayah.

Penasaran seperti apa temuan risetnya? Berikut adalah temuan riset tersebut.

Lazada, Shopee, dan Bukalapak Menjadi Toko Online Paling Populer di Wilayah Indonesia

copyright iPrice.co.id

Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga toko online yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia. Pada peringkat pertama ada Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak

Lazada

Lazada mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia. Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline, sampai iklan online.

Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini. Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Lazada menjadi toko online paling populer:

Lazada begitu populer di wilayah ini/copyright iPrice.co.id

Shopee

Shopee mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan "diskon up to 90%"untuk berbagai macam produk.

Berikut adalah daftar wilayah di mana Shopee menjadi toko online paling populer:

Shopee populer untuk beberapa wilayah berikut/copyright iPrice.com

Bukalapak

Bukalapak juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara. Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Diskon Sampai Jodoh."

Berikut adalah daftar wilayah di mana Bukalapak menjadi toko online paling populer:

Bukalapak populer di dua wilayah/copyright iPrice.com

Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

copyright iPrice.co.id

Jika kita melihat data popularitas berdasarkan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang bisa kita dapatkan:

  1. Popularitas Toko Online Lazada Meningkat Tajam Setiap Jam 1. Dari gambar yang ada, kita bisa melihat kenaikan yang cukup signifikan dari toko online Lazada pada jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya terjadi pada jam 1 siang.  Hal ini dapat terjadi karena banyaknya "flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.
  2. Popularitas Tokopedia Tetap Tinggi Tanpa Promo 11.11. Dalam pengamatan kami, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.
  3. Bukalapak dan Shopee Bersaing Sengit. Popularitas Bukalapak dan Shopee saling “menyalip”. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.
  4. Popularitas Toko Online Menurun Setelah 11.11. Berdasarkan data yang kami kumpulkan, popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.

Itulah rangkuman mengenai popularitas toko online sebelum dan sesudah Singles Day. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Oh iya, untuk mengetahui lengkap mengenai info ini, jangan lupa buat berkunjung ke iPriceya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading