Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Salah, Ini Lho Cara Mendeteksi Telur Rusak Sebelum Diolah

Kualitas dan kondisi telur memiliki pengaruh yang besar dalam suatu olahan atau hidangan. Jangan sampai kita malah menggunakan telur rusak dalam membuat kue. Atau terlalu ceroboh langsung memecahkan telur ke dalam bahan-bahan makanan lain yang kita olah. Ada baiknya untuk mendeteksi terlebih dahulu kualitas telur sebelum diolah.

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan untuk mendeteksi telur rusak. Dengan melakukan pendeteksian ini, kita bisa terhindar dari risiko rusaknya olahan atau hidangan yang akan kita masak. Yuk, ikuti tips-tipsnya di bawah ini.

Diapungkan dalam Mangkuk atau Gelas Berisi Air
Siapkan wadah mangkuk atau gelas, lalu isi air. Masukkan telur, kalau terapung sebaiknya tak digunakan karena kemungkinan sudah tua atau malah busuk. Tapi kalau tenggelam atau menyentuh dasar wadah dalam posisi tidur atau miring, besar kemungkinan telurnya masih dalam keadaan segar.

Pastikan kualitas telur baik./Copyright thinkstockphotos.com

Diterawang dengan Nyala Lampu Terang
Cek posisi kuning telur dengan cahaya lampu terang, bisa dibantu senter atau bohlam lampu menyala. Kalau posisi kuning telur masih di tengah, itu artinya telur dalam kondisi segar. Tapi kalau posisinya miring atau berpindah, besar kemungkinan telur sudah tua.

Dikocok dan Perhatikan Apakah Keluar Suara
Jika telur dikocok dan tak menghasilkan suara apapun, itu tanda telur masih segar. Tapi kalau keluar suara ketika dikocok, ada kemungkinan telur dalam keadaan buruk karena terdapat udara yang mengerutkan membran telur.

Mudah kan cara mendeteksinya? Semoga tipsnya bermanfaat, ya ladies!



(vem/nda)
;
Loading