Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, Wajah Pria Seperti Inilah yang Jadi Tipe Favorit Para Wanita

Tipe pria setiap wanita mungkin berbeda, ada yang suka cowok kurus, cowok brewok, cowok berotot atau cowok kaya. Tapi jika bicara tentang penampilan wajah, maka ada satu standar umum yang ternyata dianut oleh banyak wanita saat memilih pria yang menurutnya cocok dijadikan pasangan.

Ternyata, banyak wanita lebih suka cowok yang nggak terlalu cakep, juga nggak terlalu jelek, alias berwajah so-so atau standar. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Berkeley mengungkapkan bahwa wanita lebih memilih pria dengan wajah standar sebagai pasangan.

Penelitian dilakukan pada 60 pria dan 60 wanita sebagai pengguna website kencan online. Hasilnya, para wanita memilih pria atas dasar 'apakah pria tersebut punya kualifikasi setara (equal) dengannya'. Mereka akan memilih pria yang terlihat sama menariknya dengannya.

Jika wanita tersebut merasa dirinya cukup cantik, maka ia mencari pria yang juga dianggapnya ganteng. Begitu pula jika wanita tersebut merasa dirinya biasa saja, ia juga cenderung mencari pria berwajah biasa.

Pria terlalu ganteng justru jadi beban sebagai pasangan/copyright Shutterstock.com

Alasannya sederhana, memilih pria terlalu ganteng membuat mereka merasa insecure karena punya kualifikasi yang tidak sepadan. Belum lagi rasa takut akan diselingkuhi karena wajah pasangan yang terlalu mudah disukai wanita lain. Banyak wanita juga memastikan bahwa pasangannya tidak terlalu jelek atau jauh di bawah standar karena itu membuatnya merasa superior.

Hal ini didukung pernyataan dari psikolog Mark Sergeant dari Nottingham Trent University yang mengatakan dalam Business Insider,"Jika mencari seseorang yang sepadan dalam hal paras rupawan, umumnya orang menghindari dua hal ini, orang yang terlalu ganteng/cantik, karena kamu takut mereka selingkuh atau meninggalkanmu. Dan jika mereka jelek, kamu merasa bisa mendapatkan lebih baik dari mereka."

Jadi, ternyata begitu ladies. Dengan kata lain, sebenarnya para wanita punya pikiran rasional dan realistis mengenai pria seperti apa yang mereka pilih menjadi pasangan untuk menjalin hubungan pernikahan. Daripada mencari pria dengan wajah sangat ganteng, mereka lebih responsif terhadap pria yang punya wajah standar, tidak terlalu ganteng juga tidak terlalu jelek.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading