Sukses

Lifestyle

Punya Sarang Terbesar di Dunia, Kehidupan Burung Penenun Ini Bikin Takjub

Burung merupakan salah satu hewan yang memiliki kehidupan menakjubkan dan bikin kita terkagum-kagum. Di seluruh dunia sendiri, ada ribuan spesies burung yang siap memanjakan mata dengan bulu-bulunya yang indah, memanjakan telinga dengan kicauannya yang merdu atau memanjakan hati karena tingkahnya yang lucu.

Burung penenun adalah salah satu burung yang begitu menakjubkan. Burung yang juga dikenal sebagai burung weaver/social weaver dan banyak hidup di daratan Afrika Selatan, Namibia hingga India ini juga memiliki kemampuan unik yang mungkin saja tak pernah dimiliki burung lainnya. Dilansir dari laman odditycentral.com, burung penenun tergolong ke dalam spesies burung dengan tubuh kecil. Meski begitu, mereka adalah spesies yang bisa membuat sarang terbesar di dunia.

Sarang burung penenun bisa menampung hingga 500 ekor burung/copyright odditycentral.com

Dalam satu pohon, burung penenun bisa membuat sarang dengan berat hingga 900 kg. Lebarnya bisa mencapai 6 meter dan panjangnya lebih dari 10 meter. Dari atas ke bawah, panjang sarang ini tak kurang dari 2 meter. Sedikitnya ada 100 bilik di dalam sarang yang dihuni oleh sedikitnya 500 ekor burung.

Yang lebih menarik dan bikin takjub, menurut keterangan biologis Gavin Leighton seorang peneliti dari Miami, AS, setiap bilik memiliki pintunya sendiri yang terbuat dari dahan dan rumput. Di tiap pintu itu bahkan terdapat pengamanan berupa ranting-ranting yang cukup tajam agar ular dan pemangsa lainnya tak bisa masuk.

Selain di pohon, burung penenun juga membuat sarang di tiang listrik dan telepon/copyright dillonmarsh.com

Saat udara di habitat tersebut minus mencapai -29 derajat celcius, di dalam sarang justru hangat dan terpelihara pada suhu 21 hingga 24 derajat celcius. Sedangkan saat udara panas, di dalam sarang akan terasa lebih dingin karena tidak ada sedikit pun sinar matahari yang masuk.

Sarang burung penenun dikatakan sebagai salah satu sarang terbesar di dunia. Sarang ini bersifat permanen dan bisa ditinggali lintas generasi mereka. Sama seperti apartemen atau rumah buatan manusia, sarang burung penenun ditempati oleh sepasang burung juga anak-anaknya. Di setiap bilik sarang juga terdapat kamar-kamar khusus yang menakjubkan.

Beberapa habitat burung penenun dijadikan lokasi wisata dan penelitian/copyright duskyswondersite.com

Karena keunikannya, beberapa tempat yang menjadi habitat sarang burung penenun di Afrika Selatan dan Gurun Khalahari selalu ramai oleh wisatawan.

(vem/mim)
;
Loading