Sukses

Lifestyle

Sunion, Bawang yang Nggak Bikin Nangis Saat Dikupas

Bagi kamu yang suka memasak di dapur, pasti pernah mengalami momen di mana mata mengeluarkan air mata atau menangis saat mengupas bawang merah atau bawang bombay. Ini wajar kok ladies. Senyawa yang terkandung di dalam bawang dan kemudian terurai bersama udara, inilah yang menyebabkan mata pedas, menangis dan mengeluarkan air mata.

Untuk menghindari mata menangis saat mengupas atau mengiris bawang, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Termasuk menempatkan garam di dekat bawang, memakai kaca mata hingga menggigit korek api. Semua cara ini kedengarannya kurang masuk akal, tapi rupanya tetap dilakukan oleh beberapa orang.

Sunion adalah bawang yang nggak bikin nangis/copyright odditycentral.com

Bicara mengenai bawang dan bagaimana agar tidak menangis saat mengupas juga mengirisnya, dilansir dari laman odditycentral.com kini ada penemuan bawang bombay yang nggak bikin menangis. Bawang tersebut dinamakan Sunion. Sunion sendiri merupakan bawang yang telah diteliti oleh sejumlah ilmuwan di dunia dan terus dikembangkan sehingga benar-benar tidak bikin mata pedas.

Selain tak bikin mata pedas atau menangis, Sunion juga dipercaya memiliki rasa yang lebih manis, tekstur yang lebih renyah dan rasa lebih enak dibanding bawang pada umumnya. Pengembangan bawang ini sendiri tidak dilakukan dengan modifikasi genetik melainkan dengan pembiakan silang alami.

Sunion memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah/copyright odditycentral.com

Jika pada bawang bombay pada umumnya tingkat senyawa volatil yang terkandung di dalamnya membuat rasa bawang jadi lebih tajam dan bikin nangis, senyawa volatil yang terkandung di dalamnya justru membuat bawang berasa lebih manis, ringan dan tidak bikin nangis. Sedikitnya memakan waktu selama 30 tahun bagi ilmuwan untuk menemukan varietas bawang ini.

Sunion pertama kali mulai dikembangkan oleh para petani dan ilmuwan di Amerika pada tahun 1980an. Kali ini, Sunion bisa ditemukan di Nevada dan Washington. Masa panen Sunion adalah akhir musim panas dan awal musim gugur setempat. Bawang yang nggak bikin nangis ini rencananya diperjual belikan mulai awal tahun ini, tergantung pasokan dari produsen atau petani setempat.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pasangan Suami Istri Dikaruniai 9 Anak dalam 3 Tahun, Begini Kisahnya