Sukses

Lifestyle

Dicuci Saja Tak Cukup, Ini Tips Agar Usus Ayam Bebas Kotoran dan Tidak Amis


Usus ayam memang memiliki cita rasa khas tersendiri. Bisa diolah jadi aneka hidangan dan makanan. Mulai dari sate usus hingga keripik usus. Dan salah satu kunci untuk membuat olahan usus yang enak adalah cara pengolahannya.

Usus ayam perlu diolah sedemikian rupa untuk menghilangkan kotoran dan bau amisnya. Dengan memastikan usus ayam bersih dan kotoran dan tidak berbau amis, diolah jadi apapun nanti hasilnya pasti akan lezat. Dicuci saja ternyata masih belum cukup lho.

Lumuri dengan Air Jeruk Nipis
Usus yang baru dibeli perlu dicuci terlebih dahulu lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan sekitar 10 menit, lalu cuci lagi hingga bersih. Setelah itu usus bisa direbus.

Rendam di Air Kapur Sirih
Kalau memiliki air kapur sirih bisa juga digunakan untuk merendam usus. Rendam usus dalam larutan air kapur sirih sekitar 15 menit, lalu bersihkan untuk kemudian direbus.

Rendam dengan Campuran Mentega dan Susu
Ingin menghasilkan olahan usus yang lebih gurih, bisa pakai cara yang satu ini. Rendam dulu usus yang baru selesai dicuci dengan campuran mentega dan susu selama kurang lebih 20 menit. Baru bersihkan kembali dan rebus.

Dua Kali Proses Perebusan
Setelah selesai dicuci, usus perlu direbus dulu dengan menambahkan daun salam, lengkuas, dan jahe. Rebus hingga setengah matang terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amisnya. Baru kemudian tiriskan dan rebus kembali dengan bumbu atau rempah-rempah yang kita gunakan.

Direbus dengan Air Kelapa
Kalau tidak memiliki bahan rempah-rempah untuk merebus usus, bisa coba gunakan air kelapa. Jadi tambahan air kelapa dalam air rebusan usus, masak hingga usus empuk. Lalu tiriskan. Cita rasa usus akan lebih nikmat saat diolah kemudian.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mengatasi bau amis dan kotoran usus ayam yang akan diolah. Tinggal pilih cara yang sekiranya paling mudah diikuti dan sesuai dengan hidangan yang akan kamu buat, ya ladies. Semoga tipsnya bermanfaat.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading