Sukses

Lifestyle

Makna Filosofi Cokelat Sebagai Lambang Cinta dan Kasih

Valentine sebentar lagi, sudah siap dengan kado untuk yang tersayang? Valentine identik dengan cokelat yang diberikan kepada pasangan maupun orang tersayang. Cokelat dipercaya cocok untuk mengungkapkan perasaan cinta yang tulus. Tidak heran saat Valentine yang dipercaya sebagai hari kasih sayang cokelat banyak dicari.

Cokelat memiliki makna simbolik cinta, perhatian dan komitmen. Banyak yang percaya bahwa cokelat memiliki efek magis dan bila dibagi di antara dua orang, bahkan bisa membuat mereka saling jatuh cinta. Bukan tanpa sebab cokelat memberikan efek 'ajaib' tersebut. Cokelat mengandung phenyl ethylamine, endorfin yang memberi energi dan menciptakan perasaan gembira, bahagia dan euforia.

Sejarah Cokelat

Cokelat (Theobroma Cacao) dibudidayakan ribuan tahun yang lalu oleh suku Maya dan Aztec. Cokelat tumbuh di Amazon dan Amerika Selatan kemudian Bangsa Spanyol membawanya ke Spanyol pada abad ke-18. Kemudian, Swiss membuat minuman cokelat untuk makanan ringan dan itu dicintai oleh semua orang. Sejak saat itu Swiss memiliki metode pengolahan cokelat yang lebih baik. Hingga kini, Swiss dikenal sebagai penghasil coklat terbaik di dunia.

Cokelat sebagai Lambang Cinta

Profesor Sejarah Makanan dari Warwick University Rebecca Earle mengungkapkan bahwa sejarah cokelat sebagai lambang cinta dimulai pada era Ratu Victoria pada abad ke-19. Pada masa itu banyak pengiklan meyakinkan konsumen bahwa terdapat hubungan langsung antara jumlah uang yang dihabiskan untuk membeli cokelat dengan intensitas emosi cinta.

Cokelat sebagai lambang cinta semakin jelas terjadi pada tahun 1861 ketika perusahaan bernama Cadbury sudah berhasil membuat cokelat yang bisa dimakan serta meletakkannya pada sebuah kotak berbentuk hati dengan hiasan berupa cupid dan kelopak mawar. Terobosan ini tentu menjadikan cokelat banyak diminati sebagai lambang kasih dan cinta.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk cokelat semakin bervariasi. Aneka rasa membuat cokelat banyak diminati. Bahkan menjelang valentine, produsen cokelat semakin bersemangat untuk mengenalkan produknya sebagai hadiah untuk yang tersayang.

Ladies demikian alasan mengapa cokelat sering dijadikan sebagai lambang cinta saat perayaan valentine. Nah, sudah menyiapkan kado cokelat saat valentine nanti? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Kue Keranjang, Sajian Khas Imlek Pembawa Keberuntungan
Artikel Selanjutnya
Menelusuri Sejarah Onde-Onde yang Harus Kamu Ketahui