Sukses

Food

5 Tips Agar Kuah Sayur Bayam Tidak Hitam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya kandungan gizi sekaligus mudah didapat di pasaran. Agar bisa mendapatkan kandungan gizinya yang sehat, bayam juga harus diolah dengan cara yang benar. Bayam memang bisa diolah jadi aneka hidangan yang lezat, salah satunya adalah dijadikan sayur bening.

Tapi seringkali saat memasak sayur bayam menjadi sayur bening, air pada rebusan sayur menjadi hitam. Tampilan ini membuat sayur bayam kurang menarik dan menggugah selera. Agar kuah sayur bayam tidak hitam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada sejumlah tips yang perlu diikuti untuk mendapatkan hasil sayur bayam bergizi dengan kuah yang bening. Langsung saja ikuti penjelasan lebih detailnya di sini, ya.

 

1. Pilih Bayam Cabut

Secara umum sayuran bayam ada dua jenis, yaitu bayam cabut dan bayam petik. Untuk olahan sayur bening atau berkuah, disarankan untuk memilih bayam cabut. Ciri yang paling mencolok dari bayam cabut adalah daunnya yang berbentuk bulat dan cenderung cekung, serta warnanya hijau muda. Batangnya yang lebih renyah dan kecil pun sangat pas diolah menjadi sayur berkuah.

2. Pastikan Kondisi Bayam Masih Segar

Hindari bayam yang sudah layu, kering, dan busuk. Bayam yang baru dibeli sebaiknya langsung diolah, jangan disimpan terlalu lama di dalam kulkas. Kalau bayam terlalu lama disimpan di dalam lemari pendingin, kadar nitritnya bisa meningkat dan kurang baik untuk dikonsumsi.

3. Masukkan Bayam Setelah Air Mendidih

Kalau mau merebus bayam, tunggu hingga airnya mendidih terlebih dahulu. Jika dimasukkan saat air masih dingin, risiko airnya menjadi hitam dan keruh menjadi lebih besar. Setelah air mendidih, baru masukkan bayam dan segera aduk ke dalam air panas sehingga tidak mengalami perubahan warna pada daun.

4. Rebus dengan Panci Stainless Steel

Nah, ini dia kunci agar kuah sayur bayam tidak hitam nantinya. Saat merebus gunakan panci stainless steel. Jadi bukan dengan panci yang terbuat dari besi atau aluminium. Kalau merebus atau memasaknya dengan panci besi atau aluminium, nantinya senyawa zat besi akan bereaksi dan membuat warna bayam berubah lebih cepat jadi kehitaman.

5. Jangan Dipanaskan Ulang

Sayur baik sebaiknya segera dikonsumsi begitu selesai dimasak. Kalau sudah lebih dari 5 jam, ada baiknya tidak dipanaskan atau dikonsumsi lagi. Itu tadi sejumlah tips sederhana yang bisa diikuti agar bisa menghasilkan sayur bayam dengan kuah bening.

Nah, apakah kamu punya tips-tips tambahan lainnya, Sahabat Fimela? Share di sini ya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading