Sukses

Lifestyle

Panduan Tepat Menjaga Kebersihan Kewanitaan Saat Menstruasi dari Dokter

Menstruasi merupakan proses biologis yang normal bagi perempuan. Sayangnya, dari hasil riset Burnet Institute tahun 2015 terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia, menemukan bahwa masih banyak anak perempuan yang belum mengerti mengenai menstruasi, siklus menstruasi, dan manajemen kesehatan menstruasi.

Bahkan ketika menstruasi, si anak justru malu untuk mengatakan bahwa ia sudah menstruasi kepada orangtua. Inilah mengapa si anak tidak mendapatkan pengetahuan yang benar.

dr. Kristina Manurung Kasubdit kesehatan usia sekolah dan remaja dari kementrian kesehatan, mengatakan remaja perempuan perlu mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi. Kurangnya pengetahuan mengenai menstruasi, bisa menyebabkan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi dan kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan kebersihan menstruasi yang aman di sekolah.

Oleh karena itu, Direktorat Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) meluncurkan sebuah buku saku bertajuk 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' di hadapan ratusan siswi SMPN 115 Jakarta, Rabu (14/3).

"Buku ini untuk mengetahui menstruasi, menjaga kebersihan saat menstruasi serta mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS," ujar Kristina, saat ditemui dalam peluncuran buku ‘sehat dan bersih saat menstruasi’, di SMPN 115 Jakarta Selatan,  Rabu, (14/3).

dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan, buku ini berisikan, hal-hal yang perlu diperhatikan saat menstruasi seperti membantu menjaga kebersihan menstruasi, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, gejala menstruasi yang tidak normal seperti nyeri berlebihan, pola sangat tidak teratur, dan terlambat mengalami menstruasi pertama, yaitu di atas usia 14 tahun.
Copyirght: Vemale.com
“Penting bagi perempuan untuk mengenal sistem reproduksinya. Tubuh kita telah tercipta sedemikian rupa untuk bisa menjaga kondisi kebersihan dan kesehatan secara natural selama menstruasi. Selain itu tidak kalah pentingnya adalah mengenal Apabila ada gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter,”ujarnya.

Vina Oktavia Setiawan – Brand Manager BETADINE® Feminine Care menambahkan, terdapat berbagai kiat-kiat mengenai cara membuang pembalut, informasi asupan makanan sehat agar tetap produktif, cara menjaga kebersihan saat menstruasi, atau cara mudah mengatasi pre-menstrual syndrome juga tersedia.

“Kami berharap buku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ ini dapat membantu remaja untuk mengenal menstruasi dan mengetahui lebih jelas langkah menjaga kebersihan area kewanitaan dari sumber yang terpercaya,” tuturnya.
 
Buku Saku ini akan disebarkan lebih luas lebih lanjut pada remaja perempuan usia 12-14 tahun di SMP, komunitas ibu dan anak dan juga melalui Dinas Kesehatan.

(vem/asp/ivy)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Tampon dan Pembalut, Celana Dalam Ini Serap Darah Menstruasi
Artikel Selanjutnya
5 Hal Seputar Ovulasi yang Perlu Diketahui Setiap Wanita