Sukses

Lifestyle

Bikin Resah,Facebook Kumpulkan Data Panggilan dan SMS dari Pengguna Android

Belum selesai dengan kasus penyalahgunaan data pengguna, facebook kembali dihantam masalah baru. Bukan masalah kecil, facebook kali ini diduga mengumpulkan data panggilan SMS penggunanya. Tentu saja hal ini membuat panik dan resah pengguna media sosial facebook.

Dilansir dari The Verge (26/3), Facebook disebut-sebut telah mengumpulkan riwayat panggilan dan data SMS dari perangkat Android penggunanya selama bertahun-tahun. Hal ini diungkap pertama kali oleh pengguna twitter Mat Johnson.

Dilansir dari fimela.com seseorang bisa melihat informasi tersebut dengan mengunjungi halaman settings Facebook dan klik “ Unduh Salinan data Facebook Anda”. On that point, Facebook akan mengirim email dengan tautan Zip dan data yang relevan terletak di "html / index.htm ”file. Semua data aktivitas dalam ponsel android akan keluar di file tersebut, seperti kontak dan history komunikasi kita dengan siapa.

Baca Juga: Facebook Meminta Maaf Secara Terbuka

Dalih Meningkatkan Algoritma

Dari Liputan6.com yang melansir dari Ars Technica sebelumnya melaporkan bahwa Facebook telah meminta akses pada kontak, data SMS, dan riwayat panggilan pengguna di perangkat Android guna meningkatkan algoritma rekomendasi pertemanan serta membedakan antara kontak kerja dan teman-teman terdekat. Facebook tampaknya juga mengumpulkan data ini melalui aplikasi Messenger mereka yang sering kali membuat Messenger layaknya SMS.

Tujuan ini untuk meningkatkan algoritma pertemanan dan menyesuaikan pengguna dalam mencari pertemanan yang sesuai dengannya. Dari awal penggunaan layanan ini sudah diminta izinya oleh facebook, sayangnya dalam blog facebook tidak dijelaskan secara pasti penggunaan data ini.

Tetap hati-hati dan selalu bijak dalam bermedia sosial ya, ladies.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Sambut Bulan Ramadan, Facebook Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan Lewat Kampanye Bulan Kebaikan
Artikel Selanjutnya
4 Cara Hindari Penipuan via Email Lewat Fitur Keamanan