Sukses

Lifestyle

Agar Terhindar Proyek, Rumah Lantai 3 Seorang Petani di China Dipindah

Seperti yang kita tahu, banyak rumah atau bangunan yang dihancurkan ketika ada proyek yang menerjang lahan di bawahnya. Tapi, pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya sebuah rumah harus dipindahkan ke lain tempat tanpa dihancurkan lebih dahulu demi terhindar dari proyek yang menerjang?

Dilansir dari laman odditycentral.com, rumah lantai 3 seorang petani di China dipindahkan sejauh 40 meter dari tempatnya semula ketika ada proyek jalan yang menerjang. Pemilik rumah tersebut adalah Gao Yiping.

Rumah yang Gao pindah adalah rumah yang ia bangun sejak tahun 2014 dan menghabiskan dana pembangunan sekitar 1 juta yuan atau setara dengan Rp2,1 miliar. Rumah ini sendiri baru ditempatinya bersama keluarganya dalam waktu beberapa bulan terakhir. Sayang, rumah tersebut terkena proyek pembuatan jalan dan harus dihilangkan.

Proses pemindahan rumah Gao/copyright odditycentral.com

Tak ingin rumahnya hancur, Gao memutuskan memindahkan rumahnya. Media lokal setempat melaporkan bahwa Gao menyewa orang untuk memindahkan rumahnya secara utuh ke tempat yang telah disediakan pemerintah sejauh 40 meter dari tempat semula. Proses pemindahan rumah ini memakan waktu selama enam minggu dan menghabiskan sedikitnya 1.000 balok kayu.

Beruntung, rumah itu berhasil dipindahkan secara utuh dan tidak mengalami kerusakan atau keretakan. "Kami sudah tinggal selama tiga bulan di rumah ini. Sejauh ini, aku tidak menemukan ada kerusakan atau keretakan di rumahku," ungkap Gao.

Untuk memindah rumah Gao, para pekerja membutuhkan waktu sedikitnya 5 pekan/copyright odditycentral.com

Untuk biaya pemindahan rumah ini sendiri, Gao mengaku menghabiskan dana sekitar 330 ribu yuan atau setara dengan Rp720 juta. Untungnya, ia mendapat dana kompensasi dari pemerintah sebanyak 680 ribu yuan atau setara dengan Rp1,4 miliar.

Atas ide kreatifnya untuk memindahkan rumahnya, nampaknya tetangga Gao yakni Jiang akan melakukan ide yang sama. Hanya saja, diperkirakan pemindahan rumah Jiang akan terasa lebih sulit dan memakan dana lebih banyak akibat letak rumah Jiang yang lebih jauh dan besar.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading