Sukses

Lifestyle

Bukan Tak Lagi Cinta, 4 Masalah Keuangan Ini Picu Perceraian

Setiap orang yang menikah tentu menginginkan pernikahan yang langgeng hingga maut memisahkan. Namun, tidak ada yang mencegah jika memang harus terjadi perceraian. Seperti yang dilansir dari liputan6.com ada sekitar 6.000 perkara gugatan cerai yang masuk selama Januari-Juli 2017 di Pengadilan Agama, Cianjur, Jawa barat. Dan pemicu tertinggi adalah masalah keuangan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dari data di atas membuktikan jika masalah keuangan rentan dengan konflik yang terjadi bersama pasangan. Ladies, berikut ini adalah masalah keuangan yang rentan menjadi pemicu perceraian.

1. Utang yang Menumpuk

Masalah keuangan yang membuat hampir semua orang stres adalah utang. Jadi pastikan sebelum memutuskan utang, hitung kemampuan kamu dan pasangan. Angsuran maksimal utang yang ideal adalah tidak melebihi 30% dari jumlah pendapatan kamu.

Jika memang sudah terjebak dengan utang yang menumpuk, pastikan kamu melakukan mediasi dengan pihak bank. Menjual aset atau renegosiasi dengan pihak pemberi pinjaman dapat kamu lakukan untuk mengurangi utang yang menumpuk.

2. Sikap Tertutup dengan Jumlah Pendapatan

Kamu dan pasangan tidak saling mengerti jumlah pendapatan. Well, bukan tanpa sebab transparan dengan jumlah pendapatan akan memudahkan kamu untuk mengatur keuanganmu bersama pasangan.

3. Penghasilan Suami Lebih Sedikit

Anggapan bahwa suami bertugas untuk memenuhi kebutuhan keuangan keluarga bisa menjadi beban dan konflik tersendiri, apalagi dengan pendapatan suami lebih kecil dibanding istri. Sikap saling menghargai sangat penting untuk menghindari konflik ini. Usahakan memahami bahwa kehidupan setelah menikah tidak ada gajimu atau gajiku yang adalah gaji bersama.

4. Adanya Perbedaan Tujuan Finansial

Masalah perbedaan finansial ini bisa menjadi satu hal yang prinsip. Maka usahakan untuk didiskusikan bersama pasangan sebelum memutuskan menikah. Ketika tujuan finansial sudah dibuat saatnya kamu membicarakan strategi keuangan bersama pasangan.

Nah, ladies demikian 4 pemicu masalah keuangan dalam pernikahan yang dapat memicu cerai. Jangan anggap sepele, hal ini akan menjadi masalah serius nantinya. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah Langkah, Berikut Tips Membeli Rumah Pertama Kamu
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan untuk Membeli Rumah, Memang Bisa?