Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatur Keuangan untuk Libur Akhir Tahun Tanpa Khawatir Bokek

Fimela.com, Jakarta Akhir tahun bisa jadi momen yang menyenangkan untuk liburan. Mau liburan sendiri, bersama pasangan, teman, atau keluarga pastinya akan sangat seru dilakukan di akhr tahun ini. Tapi kalau dana terbatas, memang harus pintar-pintar memutar otak mengatur keuangan untuk libur akhir tahun.

Mengatur keuangan untk libur akhir tahun tanpa khawatir bokek memang perlu strategi sendiri. Mulai dari memilih tempat liburan dan mengatur anggaran, semua harus dilakukan dengan sangat jeli. Berikut empat tips dan cara yang cukup mudah untuk dilakukan dalam mengatur keuangan untuk liburan yang bebas stres dan nggak bikin bokek.

1. Gunakan tabungan yang dimiliki

Cek lagi berapa jumlah tabungan yang dimiliki. Kalau mau liburan sendiri, kita mungkin hanya perlu mengecek saldo di rekening kita. Kalau mau liburan bersama keluarga atau orang banyak, pastikan dana yang tersedia bisa memenuhi semua kebutuhan. Sebisa mungkin jangan nekat berutang untuk liburan akhir tahun. Akan lebih baik untuk cari penghasilan atau pemasukan tambahan dari bisnis atau usaha sambilan.

2. Buat pos-pos pengeluaran

Untuk liburan, pengeluaran yan akan kita keluarkan bisa meliputi akomodasi, transportasi, anggaran untuk makan, dan anggaran belanja oleh-oleh. Kalau mau lebih hemat, kita bisa menyiasatinya dengan memilih lokasi liburan yang dekat dan membawa bekal sendiri untuk dikonsumsi selama liburan. Jika tujuan liburan kali ini untuk melepas stres atau menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang tercinta, anggaran untuk belanja pribadi bisa dikurangi.

3. Cari info penawaran promo liburan akhir tahun

Idealnya info promo liburan akhir tahun ini dicari sejak jauh-jauh hari. Tapi tak ada salahnya juga untuk tetap mencari info promo pada akhir tahun. Siapa tahu bisa dapat promo tiket atau promo hotel untuk menghemat anggaran liburan. Promo-promo last minute kadang menawarkan diskon dan potongan harga yang lebih besar.

4. Bijak menggunakan kartu kredit

Belanja dengan kartu kredit bisa jadi cara belanja yang paling nyaman dan mudah. Namun, kita tetap perlu tetap hati-hati dan bijak menggunakannya. Gunakan kartu kredit untuk keperluan darurat, misalnya saat benar-benar kehabisan uang tunai ketika sedang membutuhkan hal penting saat liburan. Selama masih ada uang tunai untuk digunakan belanja, maka gunakan saja uang tersebut secukupnya.

Mengatur keuangan untuk libur akhir tahun perlu dilakukan dengan teliti dan jeli. Bijak mengatur setiap pengeluaran agar tidak bokek di kemudian hari.

 

;
Loading