Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Keripik Kentang yang Garing dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Keripik kentang menjadi salah satu camilan paling favorit. Dinikmati kapan saja dan di mana saja, keripik kentang tak pernah bikin bosan. Selama ini kita mungkin memilih untuk beli keripik kentang yang sudah jadi, tapi kalau mau ingin lebih irit, kita bisa bikin keripik kentang sendiri di rumah.

Untuk membuat keripik kentang yang garing dan renyah, ada strateginya sendiri. Ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk membuat keripik kentang yang enak dan renyah. Selengkapnya, yuk ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Pilih kentang yang sudah tua

Saat memilih kentang, pilih yang kulitnya mulus dan bertekstur padat. Sebisa mungkin pilih yang sudah tua, bukan yang masih muda atau kehijauan. Apa ciri yang paling menonjol dari kentang yang sudah tua? Cirinya adalah kulit arinya tidak mudah terkelupas.

2. Iris kentang dengan pisau tajam

Gunakan pisau tajam untuk mengiris kentang. Kentang bisa jadi lembaran yang tipis bila diiris dengan pisau tajam. Kentang akan sangat renyah bila irisannya sampai membentuk lembar transparan.

3. Rendam dengan larutan kapur sirih

Ini dia kunci utama untuk membuat keripik kentang yang renyah. Kita bisa merendam irisan kentang ke larutan kapur sirih. Rendam selama 20 menit, tujuannya agar lapisan kentang bisa lebih keras. Sehingga saat digoreng dapat menghasilkan keripik kentang yang garing. Setelah selesai direndam, tiriskan kentang sampai kering. Setelah itu kita bisa menggorengnya.

4. Goreng dengan minyak banyak (deepfrying)

Siapkan wajan atau penggorengan dengan minyak yang banyak. Agar keripik kentang yang dihasilkan setelah digoreng bisa terasa renyah dan krispi, kita perlu menggunakan banyak minyak untuk menggorengnya.

5. Keripik digoreng dua kali

Teknik ini bisa dicoba untuk menghasilkan keripik kentang yang garing dan renyah. Pertama goreng kentang sampai cukup garing tapi tak terlalu kecoklatan. Setelah itu tiriskan terlebih dahulu. Kemudian goreng kembali kentang di wajan dengan minyak baru yang banyak dan panas. Angkat dan tiriskan.

Setelah selesai digoreng, kentang bisa ditiriskan dan didinginkan terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa disimpan dalam stoples bertutup rapat. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading