Sukses

Lifestyle

Jangan Takut, Lawan CatCalling dengan Melakukan 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa kesal saat berjalan di tempat umum tiba-tiba ada pria asing yang memanggi dengan nada melecehkan? Siulan yang mengganggu, sapaan yang sok dekat dan menggodamu di jalan. Well, pengalaman ini memang menggangu dan seringkali membuatmu merasa tidak nyaman dan seringkali berujung pada trauma.

Pelecehan ini disebut dengan catcalling. Tidak peduli usaia, pakaian yang sedang dipakai. Mungkin Sahabat Fimela banyak yang bersikap cuek, namun jika sudah kelewatan saatnya bersikap tegas. Lawan, dan jangan takut! Berikut ini adalah 5 cara untuk melawan catcalling. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan Diam, Balas Komentarnya

Jawab komentarnya dengan tegas. Coba balas komentarnya dengan nada tinggi atau mengulang komentar yang diarahkan padamu kembali padanya. Tunjukkan ekspresi jika Sahabat Fimela merasa tidak nyaman dengan komentarnya.

2. Melakukan Hal Aneh

Cara ini mungkin akan sedikit aneh dan memiliki risiko yang tinggi. Coba bertingkah aneh, seperti mendadak tertawa keras ketika ada yang menggoda atau melecehkanmu. Atau mengarahkan jempol ke bawah padanya sebagai tanda kalau komentar atau godaannya itu jelek banget. Dengan menciptakan situasi yang aneh, dia juga akan bingung sendiri nantinya.

3. Sibuk dengan Handphone

Saat diganggu, alihkan dengan sibuk mengobrol melalui handphone. Cara ini efektif mengalihkan rasa tidak nyamana. Hal ini bisa membuatnya merasa malu katena godaannya tidak diperhatikan.

4. Berhenti dan Tatap Mereka

Sekali-kali beranilah untuk bertindak. Berhentilah saat siulan menggoda itu membuatmu merasa tidak nyaman. Berhenti dan tatap matanya. Situasi ini akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

5. Bersikap Blak-Blakan

Dekati ia yang menggodamu. Katakan dengan lantang jika memang Sahabat Fimela merasa terganggu. Sikap tegasmu akan membuatnya untuk tidak lagi mencoba mengulangi sikapnya.

Well, demikian 5 cara untuk bersikap tegas melawan catcalling. Untuk melakukan perlawanan tersebut, pastikan Sahabat Fimela dalam keadaan aman. Punya pengalaman menjadi korban catcalling, share yuk di kolom komentar dan apa yang biasanya Sahabat Fimela lakukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading