Sukses

Lifestyle

Merasa Sedih? Lakukan Beberapa Kegiatan Ini Agar Hidup Terasa Bahagia

Fimela.com, Jakarta Pernahkan sahabat Fimela berpikir, dari mana perasaan senang dan marah datang? Perasaan tersebut memang tidak hadir begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada di dalam tubuh.

Reaksi inilah yang bertanggung jawab terhadap perasaan positif maupun negatif. Nah, Psikolog Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, SFP, ACC, pun memaparkan empat hormon-hormon bahagia yang ada di tubuh serta cara meningkatkan kebahagian.

1. Endorfin

Hormon ini membuat tubuh kita tidak mudah sakit dan tidak mudah stres. Cara untuk meningkatkan tingkat endorfin dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu berolahraga, makan makanan pedas, dan menghirup aroma terapi

2. Serotonin

Ini adalah kunci hormon kebahagiaan. Serotonin mengatur suasana hati, mencegah depresi pada diri.

Cara untuk meningkatkan kadar serotonin adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal ini dapat membuat asupan vitamin D pada tubuh terpenuhi. Bila tubuh tercukupi kebutuhan vitamin D nya maka akan memicu pelepasan hormon serotonin.

Tak hanya itu, Kamu dapat menolong orang lain dan bangga terhadap diri sendiri. Tentu saja hal ini membuat bahagia. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi makanan seperti susu dan jagung, karena mengandung tryptophan, sebuah zat yang diubah tubuh menjadi serotonin.

3. Dopamin

Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika berusaha menuju tujuan. Hormon ini memotivasi untuk bekerja keras mencapai tujuan tersebut.

Tetapkan tujuan harian atau bulanan. Hal ini membuat pikiran fokus mengetahui hal apa yang ingin dicapai minggu ini atau bulan ini,. Tambahkan rutinitas olahraga, dan makan makanan yang kaya protein untuk memancing timbulnya hormon dopamin.

4. Oksitosin

Oksitosin adalah hormon cinta yang dilepaskan terkait hubungan percintaan dan melahirkan. Hormon ini juga meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan terhadap seseorang.

Tingkatkan hormon oksitosin dengan pijatan, memeluk, dan berbagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading