Sukses

Lifestyle

5 Karakter Generasi Phi (Lahir Tahun 1989 - 2000)

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar soal generasi phi? Generasi phi adalah mereka yang lahir antara tahun 1989 hingga 2000. Dr. Muhammad Faisal dalam bukunya, Generasi Phi π menyebutkan bahwa generasi ini merupakan generasi pengubah Indonesia. Wah, apakah Sahabat Fimela di sini termasuk dalam generasi phi?

Dr. Muhammad Faisal kembali menjelaskan bahwa generasi phi adalah Milenial Indonesia yang kerap disebut dalam berbagai seminar, diskusi, buku, serta media tetap mereka tidak sama dengan milenial pada umumnya. Generasi phi tumbuh besar di era transisi. Punya identitas yang sangat cair dan cara berpikir yang fleksibel. Untuk mengetahui karakter generasi phi, yuk kita kenali lima aspek penting soal generasi ini seperti yang dijelaskan Dr. Muhammad Faisal berikut ini.

1. Generasi Phi Memiliki Sifat Komunal

Tak bisa hidup sendiri. Selalu berkerumum dan hidup dalam satu milieu atau lingkungan komunal yang saling berinteraksi. Generasi phi suka hidup dalam lingkungan yang bisa saling mendukung dengan perasaan saling memiliki yang sangat kuat.

2. Generasi Phi Indonesia Cenderung Menyukai Kesederhanaan

Konteks kesederhanaan yang dimaksud di sini adalah soal cita-cita dan rangkaian rencana hidup. Generasi phi cenderung membuat rencana hidup yang sangat sederhana. Berbeda dengan anak muda di negara-negara lain seperti China, Jepang, dan India, generasi phi Indonesia jarang punya rencana jangka panjang per lima atau sepuluh tahun. Kondisi ini bisa dibilang nonambisius. Namun, di sisi lain hal ini membuat generasi phi menjadi generasi yang fleksibel dalam mengambil keputusan-keputusan hidup. Tidak heran kalau generasi ini suka mengeksplorasi berbagai hal untuk dicoba.

3. Generasi Phi Memiliki Naive Personality

Naif yang dimaksud dalam konteks positif, ya. Sebagai contoh, dalam persahabatan generasi phi sangat menghargai nilai ketulusan dan kesetiaan dan dan dalam keluarga generasi ini sangat menghargai nilai-nilai pengabdian dan pengorbanan.

4. Generasi Phi Sangat Into Values

Berbagai hal yang sifatnya mendukung kearifan, kebajikan, dan nilai-nilai religius sangat kuat di kalangan generasi phi. Hal ini bisa tampak dari berbagai aktivitas generasi phi sehari-hari di ruang publik. Bahkan di media sosial, banyak yang suka mengunggah kutipan-kutipan dari para tokoh sejarah hingga dari riwayat ajaran agama.

5. Generasi Phi Sangat Memegang Kuat Nilai Kekeluargaan (Family Matters)

Generasi phi Indonesia sangat memegang kuat nilai kekeluargaan. Kebahagiaan dalam keluarga punya bobot yang besar bagi generasi phi di era globalisasi ini.

Bagi yang lahir antara tahun 1989 - 2000 pasti sangat merasakan kuatnya karakter-karakter ini di dalam diri. Dengan mengenali karakter-karater pribadi ini, kita bisa sangat terbantu untuk membangun kesuksesan di masa depan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading