Sukses

Lifestyle

7 Permasalahan yang Kerap Dialami Generasi Phi (Lahir Tahun 1989 - 2000)

Fimela.com, Jakarta Sebelumnya kita sudah membahas soal karakter yang dimiliki oleh Generasi Phi. Dengan karakter-karakter umum yang dimiliki tersebut, generasi phi pun dihadapkan pada berbagai masalah yang bisa berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Bagi Sahabat Fimela yang lahir antara tahun 1989 - 2000, pasti paham betul soal masalah-masalah yang dihadapi generasi sekarang.

Dalam buku Generasi Phi, Dr. Muhammad Faisal mengungkapkan bahwa generasi ini lebih tertarik pada permasalahan-permasalahan global, seperti green issue, korupsi, perdamaian dunia, start-up, kreativitas dunia digital, dan peluang kerja. Namun, dari hasil penelusuran mendalam yang Dr. Muhammad Faisal lakukan, ditemukan bahwa permasalahan besar di hati dan benak seorang generasi phi adalah masalah pribadi sehari-hari.

Yang menjadi masalah pribadi dari generasi phi adalah masalah rasa percaya diri, frustrasi tugas sekolah, bingung dengan berbagai kesempatan yang datang, permasalahan cita-cita, memaknai pertemanan, dan perasaan kesepian. Perasaan kesepian ini merupakan fenomena yang cukup serius. Mengingat saat ini semakin besar akses internet dan jangkauan anak muda untuk mengakses media sosial, malah semakin banyak ditemukan kasus anak muda yang kesepian. Hm, benar-benar kontradiktif ya.

Selain masalah pribadi, Dr. Muhammad Faisal menyebutkan ada tujuh permasalan lain yang kerap dialami oleh Generasi phi. Masalah-masalah ini pun sering menyita kehidupan pribadi Generasi Phi, antara lain:

1. Permasalahan jomblo.

2. Merasa terasingkan (alienated) karena tidak diterima di lingkungan.

3. Minder sosial karena merasa tidak memiliki kelebihan.

4. Takut gagal dan demotivasi secara akademik.

5. Kecemasan terhadap penilaian sosial.

6. Menyesuaikan diri dengan orangtua di era digital.

7. Keep up dengan kekinian (tren, gaya hidup, dan informasi).

Permasalahan itu kerap dialami Generasi Phi dalam keseharian dan kehidupan yang dijalaninya. Setiap individu yang masuk dalam golongan generasi ini pasti pernah merasakan atau mengalami masalah-masalah yang disebutkan di atas.

Rasa stres dan tertekan pun pasti kita rasa dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Namun, akan selalu ada jalan keluar yang bisa kita temukan saat kita memilih untuk bangkit dan melangkah berusaha mencari solusinya. Selain itu, kita pun tak sendiri. Bukan cuma kita satu-satunya orang yang menghadapi permasalahan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading