Sukses

Lifestyle

Agar Lele Tak Bau Tanah, Begini Cara Memasaknya yang Benar

Fimela.com, Jakarta Ikan air tawar yang satu ini memang jadi favorit banyak orang. Dagingnya yang lembut akan berpadu sangat sempurna dengan nasi hangat dan juga sambal. Hmmm, super yummy deh. Sayangnya banyak yang mengeluhkan lele yang bau tanah. Well, berikut ini adalah cara masak yang benar agar lele tak lagi bau tanah dan rasanya super enak saat disantap.

  • Pilih lele yang segar. Bahan yang segar tentu akan menghasilkan masakan yang berkualitas. Lele yang terlalu lama disimpan di kulkas akan jadi berlendir dan amis. Tentu saja ini akan mempengaruhi rasa.
  • Bersihkan lele dengan baik. Berishkan lendir lele dengan garam atau abu gosok. Buang isi perut dan insang lele. Dua hal ini wajib benar-benar bersih karena kalau tidak lele akan jadi amis.
  • Setelah itu kerat-kerat daging lele supaya bumbu marinasi bisa terserap sempuna. Sayat ikan dari bagian belakang kepala sampai ke ekor dengan mengikuti garis tulangnya. Dengan teknik menyayat yang tepat, nantinya bumbu akan meresap sempurna sehingga bau tanah bisa hilang.
  • Rendam lele dengan bumbu tersebut selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau tanah dan bau amisnya. Bumbu ini biasanya adalah garam yang dihaluskan dengan bawang putih. Bisa juga dengan garam dan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.
  • Teknik penggorengan yang tepat juga penting untuk mendapatkan hasil ikan lele yang sedap dan bebas bau tanah. Goreng ikan lele dengan minyak banyak.

Nah, itu tadi adalah sederet tips untuk mengolah lele agar tak bau tanah. Selamat mencoba dan nikmati lele super gurih dan bebas bau amis serta bau tanah.

: