Sukses

Lifestyle

Sempurna tapi Keras Kepala, Ini Kekurangan si Melankolis

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang berkepribadian melankolis dikenal sangat hati-hati dalam setiap tindakan dan menuntut segalanya serba sempurna. Seorang melankolis juga bisa sangat teliti dan penyabar. Kualitas-kualitas itu membuat seorang melankolis bisa sangat istimewa.

Hanya saja memang di balik setiap kelebihan, ada juga kekurangan. Seorang melankolis bisa dikenal sebagai orang yang serba sempurna tapi juga bisa sangat keras kepala. Dilansir dari psychologia.co/melancholic-personality, orang yang berkepribadian melankolis bisa berpikiran sempit dan bersikap dogmatis, saat sudah meyakini sesuatu tidak mau mengubah pendirian itu. Seorang melankolis juga bisa gampang tertekan pada situasi yang menurutnya tidak sempurna. Jadi, jangan heran kalau seorang melankolis bisa langsung marah atau uring-uringan jika sesuatu yang sudah dibuatnya tak berjalan sesuai dengan harapan.

Selain Keras Kepala, Juga Tukang Kritik

Seorang melankolis juga bisa jadi tukang kritik yang pedas. Dia bisa menghakimi dan mengkritisi sesuatu dengan sangat dalam yang berpatokan pada keyakinannya sendiri. Meski begitu, dia bisa sangat sensitif atau mudah tersinggung bila ada yang memberinya kritik. Hal ini yang kadang membuat oran lain merasa tak nyaman di dekatnya..

Menuntut Segalanya Sempurna Tapi Gampang Merasa Bersalah

Orang-orang berkepribadian melankolis bisa sangat diandalkan untuk melakukan hal-hal yang membutuhkan ketelitian. Tapi perilakunya bisa sangat kelewatan saat menuntut segalanya serba sempurna. Hanya saja kalau ada yang tidak berjalan sesuai harapan atau sesuai usaha yang dilakukannya, ia bisa menyalahkan dirinya sendiri dan stres sendiri. Punya standar terlalu tinggi pun jadi siksaan sendiri.

Skeptis terhadap Pujian

Seorang melankolis bisa sangat skeptis terhadap pujian. Ketika rasa curiganya besar, dia tidak akan gampang percaya dengan ucapan orang lain termasuk pujian. Terkadang dia pun merasa tak layak mendapat pujian sehingga malah makin membuatnya terbebani sendiri.

Bila Sahabat Fimela termasuk tipe melankolis, mengetahui kekurangan ini bisa sangat membantu kita untuk memahami diri dan memperbaiki kekurangan agar lebih mudah menyesuaikan diri dengan orang lain. Atau kalau ada orang terdekat kita yang berkepribadian melankolis, kita bisa belajar menerima kekurangannya dan mengimbangi temperamennya.

 

Artikel Selanjutnya
10 Tanda Seseorang Sebenarnya Anak Rumahan Biasa, Bukannya Kuper
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Perempuan Bermental Kuat Meski Hidupnya Pernah Terpuruk
: