Sukses

Lifestyle

Pecinta Damai tapi Motivasi Rendah, Ini Kekurangan si Plegmatis

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang berkepribadian plegmatis dikenal pecinta damai. Punya empati yang tinggi dan rela berkoban untuk mengatasi masalah. Dia juga dikenal bisa sangat kooperatif.

Dilansir dari psychologia.co/phlegmatic-personality, orang-orang tipe plegmatis dikenal punya simpati yang tinggi, dapat dipercaya, dan hangat. Seorang plegmatis bisa sangat peduli dengan perasaan orang lain. Sehingga ia akan berusaha menjalin kedekatan dengannya. Namun, seorang plegmatis juga punya beberapa kekurangan dalam kepribadian yang dimilikinya.

Bisa Sangat Peragu

Saat akan membuat keputusan, seorang plegmatis bisa dihantui perasaan ragu-ragu. Bingung mana pilihan yang harus diambil. Menimbang-nimbang pilihan pun butuh waktu yang cukup lama baginya. Sebuah masalah pun bisa digantung cukup lama karena kesulitan memilih langkah pertama apa yang harus diambil untuk mengatasinya.

Kurang Bisa Memotivasi Diri

Seorang plegmatis bisa sangat kesulitan dalam memotivasi diri. Ketika dihadapkan pada perubahan atau kegiatan baru, dia tidak bisa langsung antusias atau semangat. Perasaan takut dan khawatir membuatnya bisa kesulitan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi kalau sifat pemalunya sangat dominan, dia bakal cenderung cari aman dalam berbagai situasi dan tidak membuat gerakannya sendiri.

Gampang Tertekan dengan Kritikan

Saat seorang plegmatis mendapat kritikan, dia bisa sangat tertekan dalam waktu yang cukup lama. Kritikan bisa dianggap sebagai bentuk penghinaan yang membuat seorang plegmatis terus memikirkannya sampai-sampai tertekan sendiri hingga depresi.

Di balik kekurangan-kekurangan itu, seorang plegmatis tetap bisa jadi orang yang paling diandalkan untuk mendamaikan keadaan. Dia bisa jadi penyeimbang dan penengah yang baik untuk membuat suasana kembali rukun.

 

Artikel Selanjutnya
Energik tapi Impulsif, Ini Kekurangan si Sanguinis
Artikel Selanjutnya
Sempurna tapi Keras Kepala, Ini Kekurangan si Melankolis