Sukses

Lifestyle

Ingat 7 Hal Ini Agar Tak Menyesal Gunakan Kartu Kredit

Fimela.com, Jakarta Mengatur keuangan adalah tantangan tersendiri, terutama jika sering menggunakan kartu kredit. Ketika merencanakan anggaran tertentu, pastikan untuk memahami penghasilan diri sendiri terlebih dahulu.

Bahkan menurut penelitian yang pernah dilakukan, banyak orang merasa kacau ketika menggunakan kartu kredit. Hutang bisa menimbulkan dampak psikologis yang serius.

Dilansir dari cheatsheet.com, Jumat (7/12/2018), berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari agar tak menyesal menggunakan kartu kredit. Penasaran?

1. Banyak orang khawatir dengan hutang

Menurut survei, 60% peserta merasa sangat khawatir tentang konsep hutang. Ternyata masih banyak orang ketakutan dengan hal-hal yang berkaitan dengan hutang kartu kredit.

2. Hutang membuat pembelian menjadi kurang menyenangkan

Melakukan pembelian yang besar tentu karena ingin menikmatinya, bukan? Jika ada rencana untuk meminjam agar bisa melakukan pembelian tersebut, bukankah jadinya tidak nikmat?

Menurut survei, 46% peserta yang memiliki saldo kartu kredit merasa kurang menikmati beberapa pembelian karena melakukannya dengan saldo tersebut. Manfaatnya? Tunda keinginan untuk melakukan pembelian dengan kartu kredit atau hutang.

3. Banyak orang takut berhutang

Ini adalah bentuk takut yang sebenarnya. Sebagian besar orang merasa takut berhutang, karena tidak bisa membayangkan perjuangan untuk menutupi hutang tersebut atau sekedar membayangkan diri mereka terlibat hutang kartu kredit.

 

2 dari 2 halaman

Menerapkan aturan empat angka

4. Aturan empat angka

Setiap orang pasti pernah berhutang, entah kepada teman dekat, atau keluarga sekalipun. Namun, ketika bicara tentang hutang kartu kredit, usahakan untuk tidak melebihi empat angka di depan, seperti Rp 1.000.000.

5. Generasi X lebih buruk daripada generasi milenial

Generasi milenial dianggap sebagai generasi yang tidak bertanggung jawab, terutama ketika menyangkut masalah karier dan keuangan. Namun, yang cukup menarik, generasi X justru lebih berjuang mengatasi masalah hutang.

6. Banyak orang tidak benar-benar melunasi hutangnya setiap bulan

Masih banyak orang berpikir untuk melakukan pembayaran minimum dari tagihan kartu kredit, benar? Faktanya, siapapun yang memakai kartu kredit harus melunasinya di akhir bulan.

7. Banyak orang yang tidak dapat melunasi hutangnya untuk sementara waktu

Dalam banyak kasus, tagihan kartu kredit yang tidak pernah benar-benar dilunasi akan menumpuk dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dilunasi. Masih punya hutang kartu kredit sampai saat ini?

Artikel Selanjutnya
Penyedia kredit online mudahkan belanja tanpa kartu kredit
: