Sukses

Lifestyle

Asal Mula Terciptanya Tahu dan Penyebarannya ke Seluruh Dunia

Fimela.com, Jakarta Selain tempe, makanan yang juga kaya manfaat buat kesehatan dan memiliki rasa super enak adalah tahu. Tahu adalah sumber protein nabati yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Kalau Sahabat Fimela, suka tahu juga nggak nih?

Bicara mengenai tahu, kali ini kita akan membahas asal usul tahu. Walau tahu sangat mudah ditemukan di berbagai kota atau daerah di Indonesia, tahu sebenarnya bukan makanan asli Indonesia. Melansir dari laman unicurd.com, tahu adalah makanan yang berasal dari Tiongkok, China.

Pendapat Mengenai Asal Mula Terciptanya Tahu

Beberapa pendapat menyebutkan jika tahu diciptakan di Tiongkok Utara sekitar tahun 164 Sebelum Masehi oleh seorang pangeran bernama Liu An, pangeran dari kota Huainan selama Dinasti Han. Huainan sendiri adalah daerah penghasil kacang kedelai dengan jumlah melimpah.

Pendapat lain menyebutkan jika tahu tercipta secara tidak sengaja saat bubur kedelai bercampur dengan air garam laut murni hingga membentukl tahu.

Pendapat lainnya lagi menyebutkan jika tahu dibuat oleh orang-orang Tionghoa kuno dengan mengentalkan susu kedelai. Teknik mengentalkan susu sendiri sebagai teknik yang ditiru dari teknik menyimpan susu orang India dan Mongol dengan mengentalkan susu. Pendapat yang ketiga ini diperkuat dengan adanya sebutan tahu di Tionghoa yakno doufu (tahu) yang mirip dengan istilah fermentasi susu khas Mongolia bernama rufu.

Di Masa Dinasti Tang, Tahu Mulai Masuk ke Jepang

Tahu sendiri mulai ke luar dari Tiongkok pada masa Dinasti Tang. Tahu masuk ke Jepang yang kemudian dikenal dengan istilah tofu di sana. Selanjutnya, tahu juga mulai tersebar luas ke berbagai negara lain di dunia seperti Vietnam, Korea, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Di negara barat sendiri, tahu diproduksi pertama kali tahun 1880 oleh orang Perancis bernama Pailieux. Sejak saat itu, mulai muncul berbagai perusahaan tahu mulai di San Fransisco, California dan negara-negara lainnya.

;
Loading