Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengejutkan dari Matcha

Fimela.com, Jakarta Matcha menjadi begitu populer beberapa waktu belakangan. Disebut-sebut sebagai sumber antioksidan yang kaya, matcha tidak hanya dilirik dari segi kesehatan, namun beberapa aspek lainnya, seperti perawatan kulit.

Matcha dibuat dari daun teh hijau yang dikukus, ditumbuk menjadi serbuk halus, kemudian disimpan di dalam ruangan tanpa cahaya dan oksigen untuk memperkaya sifat-sifat antioksidannya. Inilah mengapa jumlah antioksidan yang terkandung di dalam matcha mencapai 137 kali lebih besar daripada jenis teh hijau lainnya.

Bukan itu saja. Dilansir dari sheknows.com, Senin (10/12/2018), berikut ini adalah beberapa manfaat mengejutkan yang bisa didapatkan dari matcha, penasaran?

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian berhasil menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau berkaitan dengan tingkat kolestrol jahat yang lebih rendah.

2. Meremajakan kulit

Matcha juga dapat melembapkan dan mengelupas kulit. Klorofil pada matcha yang bertugas melindungi daun dari matahari dan memberi warna hijau dapat membersihkan kulit dari racun dan melindunginya dari bahan kimia yang dapat membuat kulit rentan terhadap noda dan perubahan warna.

Matcha dapat membantu melawan kanker

3. Melawan kanker

Antioksidan yang paling dominan dalam matcha adalah epigallocatechin gallate, secara khusus terbukti memiliki sifat anti kanker yang kuat. Sebuah studi dari Universitas Salford di tahun 2018 menyebutkan bahwa matcha dapat menghambat penyebaran sel induk kanker.

4. Meningkatkan metabolisme dan mempertahankan energi

Kafein yang ada di dalam matcha dapat mengaitkan L- Theanine dan asam amino untuk melepaskan energi berkelanjutan selama 3 hingga 6 jam, tergantung pada fisiologi. Kafein dalam matcha juga dapat meningkatkan metabolisme.

5. Meningkatkan memori dan konsentrasi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Wageningen di tahun 2017 menemukan bahwa mengonsumsi matcha dapat meningkatkan fokus, waktu reaksi, dan memori. Selain itu, penelitian lain dari Universitas Monash di tahun 2016 juga menemukan bahwa L-Theanine dalam matcha dapat memproduksi dopamine dan serotonin, berfungsi meningkatkan suasan hati, memori, dan konsentrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading