Sukses

Lifestyle

Penyebab Penderita Diabetes di Jakarta Saat Ini Rata-Rata Berusia Muda

Fimela.com, Jakarta Banyak yang berfikir bahwa penyakit diabetes hanya terjadi pada orangtua atau lansia. Padahal data terbaru menunjukan, khususnya di kota Jakara, penderita diabetes terjadi pada usia muda yaitu di bawah 40 tahun.

Penelitian dari IMERI FKUI, dr. Dicky Levenus Tahapary, SpPD-KEMD, Ph.D data menunjukkan penderita diabetes di Jakarta relatif lebih muda dibandingkan kota-kota besar lain di dunia.

Menurut dr. Dicky, 45 persen penderita diabetes di Jakarta berusia di bawah usia 40 tahun bahkan 10 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun.

Alasan terjadi diabetes di usia muda

Dr. Dicky menyampaikan salah satu alasan diabetes bisa terjadi di usia muda ialah gaya hidup yang tidak sehat.

“Pola makan tinggi kalori, lemak jenuh tapi aktivitas fisiknya kurang. Sekarang juga banyak yang obesitas. Sekitar 60 persen orang dengan obesitas itu akan menjadi diabetes. Makannya harus menurunkan berat badan," ujar dr Dicky dalam acara Cities Changing Diabetes, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dr. Dicky mengatakan diabetes kuga akan menimbulkan masalah lain terkait komplikasi. Seperti diabetes membuat pembiayaan BPJS membengkak untuk pengobatan penyakit kardiovaskular, stroke, gagal ginjal, amputasi bahkan kebutaan.

"Yang jadi masalah gimana agar komplikasi nggak banyak. Makanya harus deteksi dini. Skrining harus bagus. Pengelolaan juga harus tepat mulai dari FKTP yakni puskesmas dan faskes lanjutan yaitu rumah sakit," paparnya.

Catur Laswanto, Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan, gaya hidup masyarakat Jakarta berisiko inggi terkena diabetes. 60 persen penderita diabetes di Jakarta yang terdapat di Dinkes memiliki obesitas sentral.

Ia pun mengatakan, saat ini kesadaran penduduk Jakarta untuk datang ke Posbindu masih rendah.

"Orang Jakarta banyak yang mengalami kegemukan. Ada kecenderungan, orang daerah yang datang ke Jakarta akan bertambah gemuk. Kita pernah membandingkan orang Kupang yang ke Jakarta, ternyata mengalami penambahan lingkar perut setengah sentimeter setiap tahun," paparnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Diabetes di Usia Muda, Ketahui 4 Makanan yang Aman untuk Kesehatanmu
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Ibu Hamil Diabetes Perbesar Risiko Bayi Lahir Mati