Sukses

Lifestyle

Jakarta Tempati Peringkat Pertama dengan Penderita Diabetes Tertinggi Di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Jakarta menjadi kota ke-17 di antara kota-kota besar lain di dunia yang mengikuti program Cities Changing Diabetes. Jakarta terpilih karena prevalensi diabetes di Jakarta melonjak tinggi.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa DKI Jakarta kini menempati peringkat pertama sebagai kota dengan prevalensi diabetes melitus tertinggi di Indonesia.

Dibandingkan dengan data tahun 2013, persentase prevalensi diabetes melitus di Jakarta meningkat sebesar 0,9 persen dalam kurun waktu lima tahun dari 2,5 persen menjadi 3,4 persen.

Catur Laswanto, Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa saat ini kesadaran penduduk Jakarta untuk datang ke Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) masih rendah. Di sisi lain, gaya hidup masyarakat Jakarta termasuk berisiko tinggi terkena diabetes. Terbukti 60 persen penderita diabetes di Jakarta dilaporkan memiliki obesitas sentral.

"Orang Jakarta banyak yang mengalami kegemukan. Ada kecenderungan, orang daerah yang datang ke Jakarta akan bertambah gemuk. Kita pernah membandingkan orang Kupang yang ke Jakarta, ternyata mengalami penambahan lingkar perut setengah sentimeter setiap tahun," papar. Catur.

Pemerintah Jakarta, menurut Catur, tengah gencar menghidupkan budaya olahraga. Misalnya melalui banyak perlombaan di tingkat kelurahan dan kecamatan, yang tidak sekadar mengejar prestasi namun lebih untuk menggerakan masyarakat.

Dasa Wisma

Untuk menjaring lebih banyak penderita diabetes yang belum terdiagnosis, dr. Widyastuti, MKM, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan pihaknya sudah membuat program Dasa Wisma.

"Satu petugas kesehatan bertanggungjawab pada 10 rumah tangga sehingga setiap ada warga yang prediabetes atau memiliki diabetes, dapat dipantau," ujar dr Widyastuti.

Selain itu, salah satu inovasi yang dilakukan adalah bekerja sama dengan Kedutaan Denmark, FKUI, PERKENI dan Novo Nordisk, meluncurkan program Cities Changing Diabetes.

Salah satu tujuan program Cities Changing Diabetes adalah pemetaan diabetes di Jakarta dan mengadakan rencana aksinya yang sesuai untuk masyarakat DKI Jakarta.

"Ada beberapa penguatan yang akan kita bangun. Pertama pemetaan untuk mengidentifikasi penyebab diabetes di Indonesia tinggi. Setelah pemetaan itu ada aksi, bisa berupa penguatan pencatatan lebih bagus. Harapannya bisa jadi barometer untuk membentuk intervensi sehingga bisa diduplikasi di kota lain," tutupnya.

;
Loading