Sukses

Lifestyle

Mengenal Lebih Dekat 5 Tokoh Kartini Masa Kini yang Sangat Menginspirasi

Hari Kartini yang diperingati tiap tanggal 21 April menjadi pengingat perjuangan sosok R.A Kartini demi hak perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Berkat kerja keras dan perjuangannya, kini wanita Indonesia dapat mengemban pendidikan tinggi tanpa ada hambatan. Perjuangannya pun tetap menginspirasi banyak wanita hingga saat ini untuk terus berkarya dan berprestasi. Mematahkan stereotip tentang perempuan yang masih melekat di masyarakat, saat ini beberapa posisi tertinggi di banyak perusahaan justru diduduki oleh perempuan. Figur-figur Kartini masa kini pun hadir dalam berbagai bidang, dengan perjuangannya masing-masing, untuk tujuan yang sama: masa depan perempuan yang lebih baik. Sudah siap untuk merasa terinspirasi? Yuk, kenalan lebih dekat dengan 5 tokoh Kartini masa kini berikut!

Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat/copyright kompas

Jika kamu belum familiar dengan nama Nurhayati Subakat, pasti kamu sudah sangat familiar dengan perusahaan yang didirikan beliau, deh! Nurhayati Subakat merupakan pendiri PT Pusaka Tradisi Ibu, yang kini dikenal dengan nama PT Paragon Technology, yakni perusahaan yang mengelola merek kosmetik Wardah, Make Over dan perawatan rambut Putri. Dijamin kamu pasti sudah akrab dengan nama-nama merek lokal ini, kan? Bermula dari pekerjaan di perusahaan kosmetik sebagai staf quality control, Nurhayati tergerak untuk mencoba untuk berbisnis sendiri, dengan sampo bermerek Putri sebagai produk pertamanya. Bisnis rumahan Nurhayati berkembang pesat dan berlanjut dengan kesuksesan produk perawatan kulit serta kosmetik.

Meskipun berkembang pesat, bisnisnya tidak selalu berjalan mulus. Pada tahun kelima usahanya, pabrik milik Nurhayati habis terbakar api. Pabrik yang terbakar dan utang di bank membuat usaha Nurhayati di ambang kematian. Namun, Nurhayati Subakat menolak untuk menyerah. Ia kembali memulai usahanya dari nol dan membangun pabriknya kembali. Hingga akhirnya pada tahun 1995, Nurhayati hadir dengan Wardah, inovasi produk baru yang ditujukan untuk konsumen muslim. Cermat melihat peluang pasar, kini, Wardah menjadi salah satu produk kosmetik halal yang terdepan di Indonesia, begitu pula dengan Make Over sebagai merek kosmetik lokal yang semakin populer. Sesuai kata pepatah, kerja keras memang tidak akan mengkhianati usaha, ya!

Mesty Ariotedjo Juanda

Mesty Ariotedjo Juanda/copyright sociolla/spesial

Meskipun usianya tergolong muda, perempuan kelahiran April 1989 ini sudah mengukir banyak sekali pencapaian yang inspiratif. Mesty kerap dikenal sebagai dokter muda yang multitalenta. Pasalnya, di sela-sela kesibukannya selama menempuh studi sebagai dokter, Mesty juga aktif bekerja sebagai model dan musisi. Instrumen musik yang ia mainkan pun lebih dari satu, lho! Mesty kerap diundang dalam berbagai pagelaran dan orkestra untuk memukau hadirin dengan permainan harpa, suling, maupun pianonya yang merdu. Kecintaannya pada musik dan rasa pedulinya yang tinggi pada anak-anak yang kurang beruntung membuat Mesty tergerak untuk mendirikan sekolah musik gratis untuk anak-anak kurang beruntung, Children in Harmony.

Kesibukannya tidak lantas membuat Mesty melupakan profesi utamanya sebagai dokter. Perempuan multitalenta ini sempat menjadi satu-satunya perwakilan dan pembicara dari Indonesia dalam International Non Communicable Diseases Children Conference di Trinidad dan Tobago. Tergerak saat melihat banyaknya masalah kesehatan yang terjadi karena keterbatasan dana finansial, Mesty dan rekannya membuat WeCare.id, platform khusus untuk membantu para pasien dengan keterbatasan dana di daerah terpencil yang membutuhkan akses terhadap perawatan dan kesehatan. Hingga saat ini, WeCare telah berhasil mengumpulkan total donasi sebesar Rp3,6 milyar dari 7.200 donatur yang telah mendanai lebih dari 300 pasien di seluruh Indonesia.

Baca juga: Mengenal Mesty Ariotedjo, Brand Ambassador Terbaru Wardah yang Multitalenta

Lizzie Parra

Lizzie Parra/copyright thecrafters

Bermula dari karirnya sebagai makeup artist, perempuan dengan nama lengkap Elizabeth Christina Prameswari ini kini menyandang title sebagai salah satu entrepreneur yang sukses. Sering mendengar bahwa kunci kesuksesan adalah dengan melakukan hal yang kamu sukai? Well, Lizzie Parra telah menjadi sosok yang membuktikan hal tersebut. Dari kecintaannya akan makeup, kosmetik, dan dunia tata rias, Ia menghadirkan BLP Beauty yang menjadi salah satu pelopor kosmetik lokal di Indonesia. Sebelumnya Lizzie sempat bekerja sebagai product executivc untuk brand kecantikan internasional, hingga akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan zona nyamannya dan bekerja sebagai makeup artist.

Dipercayai oleh banyak orang untuk merias wajah mereka pada hari penting, tidak lantas membuat Lizzie cepat puas. BLP Beauty pun hadir dengan perencanaan matang, sehingga tidak heran dalam sekejap saja, Lip Coat yang menjadi produk pertama BLP Beauty laku keras di pasaran. Namun, lagi-lagi, Lizzie tidak berhenti berkreasi sampai di situ saja. Bulan demi bulan, BLP Beauty selalu hadir dengan inovasi baru yang sukses merebut hati banyak perempuan. Mulai dari produk alisnya, eyeshadow pen, lip stain lokal pertama, hingga bulu mata palsu dan eyeliner pen yang menjadi produk terbarunya. Kreativitas Lizzie yang seolah tidak ada habisnya ini pun menuai pujian dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf karena dianggap dapat menjadi inspirasi untuk pelaku ekonomi kreatif yang lain.

Baca juga: Lizzie Parra: “Membuat Brand Makeup Tidak Semudah Posting Foto Instagram”

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti/copyright koran-jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan sosok menteri unik satu ini? Susi Pudjiastuti membuktikan bahwa perempuan dapat mencapai mimpi-mimpinya asalkan ia mau berusaha. Putus sekolah tidak lantas membuat Susi berhenti belajar dan bekerja keras. Berawal dari modal Rp750 ribu untuk menjadi pengepul ikan, perempuan kelahiran Pangkamuran ini berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan sendiri di tahun 1996. Meski tanpa gelar, bisnisnya berkembang pesat dan meluas hingga ke pasar Asia dan Amerika.

Tidak berhenti sampai di situ, Susi kembali memperluas bisnisnya dengan memulai bisnis penerbangan kecil-kecilan untuk mengantarkan produk hasil lautnya. Kini, bisnis penerbangan tersebut telah bertransformasi menjadi maskapai penerbangan perintis yang kamu kenal dengan nama Susi Air. Setelah diangkat menjadi menteri, Susi tetap tampil rendah hati dan tetap bekerja keras. Ia mempertahankan integritasnya dengan kepemimpinannya yang tegas dan tidak ragu untuk menenggelamkan kapal dari negara lain yang masuk secara ilegal ke Indonesia. Terkesan tegas dan tomboy, wanita inspiratif ini kerap tampil anggun dan cantik dengan balutan kebaya, lho!

Martha Tilaar

Martha Tilaar/copyright gulalives

Sosok di balik brand lokal legendaris Martha Tilaar yang telah melahirkan Mustika Ratu dan Sariayu ini ternyata justru bertingkah seperti lelaki pada masa kecilnya, lho! Saking seringnya ditegur untuk merawat diri, akhirnya sang ibu memutuskan untuk menitipkan Martha pada seorang ahli kecantikan tradisional di Yogyakarta. Setelah menikah, Martha ikut suaminya yang bertugas ke Amerika Serikat sekaligus menempuh studi kecantikan di Academy of Beauty Culture. Kembali ke Jakarta, Indonesia, Martha membuka salon kecil-kecilan di garasi rumahnya dengan modal 1 juta rupiah. Sifat ramahnya pada pengunjung dan layanannya yang berkualitas pun membawanya ke kesuksesan untuk membuka cabang kedua salonnya.

Tidak ingin berhenti belajar, pada tahun 1972 ia pergi ke Eropa untuk belajar lebih dalam mengenai produk perawatan kulit dan kecantikan dengan mengunjungi pabrik Yves Rocher di berbagai kota. Kembali ke Indonesia, Martha mendirikan PT Sari Ayu Indonesia sebagai distributor produk kosmetika Sariayu Martha Tilaar. Bisnisnya berkembang pesat hingga akhirnya sampai pada nama Martha Tilaar yang kamu kenal saat ini. Perjalanan panjangnya benar-benar membuahkan hasil, ya! Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik para perempuan agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat diri dan memiliki keterampilan tentang kecantikan.

(vem/sociolla/apl)
Loading