Sukses

Lifestyle

Puasa Kok Makin Boros? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Ladies, bulan Ramadan telah tiba. Pernah merasa pengeluaran kamu semakin banyak saat ramadan? Hmm, sedang puasa tapi kok pengeluaran semakin banyak? Sepertinya ada yang salah dengan cara mengolah keuangan kamu. Bukankah saat ramadan seharusnya pengeluaran untuk makan dan minum berkurang.

Well, jika kamu merasakan demikian tenang kamu tidak sendiri. Banyak orang merasa saat ramadan pengeluaran semakin banyak. Nah, untuk menghindarinya sebaiknya kamu melakukan 4 tips berikut ini.

1. Buat Anggaran Selama Puasa

Godaan saat ramadan memang seringkali tidak dapat dihindari. Misalnya, jajanan takjil yang banyak dijual menjelang buka puasa. Suka atau tidak akhirnya kamu tergoda untuk membelinya. Maka pastikan kamu membuat anggaran buka puasa selama ramadan. Tentukan jumlahnya dan selalu disiplin.

2. Saatnya Mengevaluasi Pengeluaran

Selama puasa kamu dapat mencoret beberapa pengeluaran yang tidak kamu butuhkan. Misalnya pengeluaran untuk ngopi dan nonton ke bioskop. Pengeluaran ini dapat kamu hindari.

3. Berbuka Puasa Sewajarnya

Tidak perlu memaksakan diri untuk buka puasa makanan yang mahal. Cukup sederhana saja, bukankah selama hari biasa kamu makan yang biasa juga? Tak apa sekali dua kali berbuka puasa di restoran dan hotel. Kalau mau dompet “ selamat”, lebih baik membatasi pengeluaran untuk ini.

4. Belanja Sewajarnya

Saat ramadan kamu mungkin merasa pengeluaran kamu semakin banyak, tapi tahukah kamu jika pengeluaran saat ramadan dapat dihemat. Belanja seperlunya dan sebaiknya belanja bertahap. Jangan ragu untuk mengintip katalog diskon untuk mencari harga yang terbaik. Sedikit membutuhkan waktu, tapi tidak ada salahnya kamu coba.

Ladies, demikian 4 tips untuk hemat selama Ramadan. Jadikan puasa kamu penuh hikmah dengan mulai belajar menahan nafsu selama Ramadan. Semoga bermanfaat.

(vem/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Belanja Cerdas di Harbolnas 11.11
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bergaya dengan Gaji Pas-pasan, Memang Bisa?