Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Kembali Saat Sahur

Menyiapkan menu sahur memang tidak mudah. Kadang dengan alasan menghemat waktu dan tenaga, untuk menu sahur kamu biasanya menghangatkan kembali makanan matang yang sudah kamu simpan. Hmm, tapi tahukah kamu jika tidak semua makanan aman untuk dihangatkan kembali?

Proses kimia saat menghangatkan kembali makanan dapat menyebabkan makanan berubah menjadi racun. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya tidak kamu hangatkan kembali makanan yang sudah matang.

1. Jamur

Sebaiknya segera konsumsi jamur setelah dimasak. Jika terlanjur memasak jamur dalam jumlah banyak, sebaiknya makan dalam keadaan dingin. Jamur yang dipanaskan kembali dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan.

2. Bayam

Sayur bayam jangan dipanaskan ulang. Bayam yang sudah dimasak sekali harus segera dikonsumsi. Alasannya adalah jika bayam dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah jadi nitrit dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik untuk tubuh.

3. Daging Ayam

Jika memang terpaksa memanaskan kembali daging ayam, sebaiknya panaskan dengan api kecil. Daging ayam yang dipanaskan kembali dapat merusak struktur proteinnya dan menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Brokoli

Mengonsumsi brokoli memang baik untuk kesehatan. Namun, brokoli mengandung nitrat yang jika dipanaskan kembali setelah memasaknya justru membahayakan kesehatan. Brokoli yang dipanaskan kembali dapat memicu kanker.

5. Telur

Memanaskan kembali telur rebus bisa membuatnya bersifat letal dan sangat berisiko buruk bagi kesehatan. Maka hindari untuk memanaskan kembali telur yang sudah kamu masak ya?

Ladies, demikian 5 makanan yang sebaiknya tidak kamu panaskan ulang setelah masak. Jadi bijaklah dalam mengolah makanan sehingga cukup untuk sekali makan saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading