Sukses

Lifestyle

4 Sikap Ini Bisa Menghancurkan Keharmonisan Hubunganmu

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin sebuah hubungan, kita ingin hubungan tersebut berjalan lancar dan bertahan lama. Untuk bisa mempertahankan keharmonisan pun kita harus benar-benar mengusahakannya. Salah satunya dengan menjaga dan mengendalikan sikap.

Ada beberapa sikap yang sebaiknya kita hindari agar tidak menghancurkan keharmonisan hubungan. Sebab kalau sikap kita terlalu negatif, hubungan yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa hancur dalam waktu singkat. Seperti empat sikap ini yang sebaiknya jangan sampai berlebihan demi mempertahankan sebuah hubungan.

1. Kritik Berlebihan

Hal yang normal dan lumrah bila kita komplain atau mengeluhkan sesuatu yang ada pada diri pasangan. Kritik pun kadang dibutuhkan. Tapi kalau kritik terlalu berlebihan, yang terjadi malah membuat hubungan jadi tak nyaman. Kata-kata negatif yang dilontarkan dalam kritik malah saling menyakiti satu sama lain.

2. Merasa Selalu Paling Benar

Kalau memang kita yang salah, jangan merasa gengsi untuk minta maaf. Jika sebuah masalah terjadi karena kesalahan yang kita lakukan, maka kita perlu bertanggung jawab. Jangan sampai selalu merasa benar. Karena hal itu malah bisa jadi penghalang dan tembok tebal yang membuat hubungan jadi terasa kaku.

3. Ngambek Terlalu Lama

Hayo, siapa nih yang sering ngambek kalau lagi kesal atau ada masalah? Ya nggak apa-apa sih kalau menunjukkan kekesalan atau rasa jengkel dengan ngambek. Tapi jangan kelamaan juga. Karena nanti malah menimbulkan "perang dingin" yang membuat komunikasi makin sulit dilakukan dengan baik. Saling diam dan mengabaikan hanya akan menyakiti diri kita sendiri.

4. Menghina

Sungguh sangat menyakitkan jika orang yang menghina kita adalah orang yang paling dekat dan kita cinta. Sikap sinis, kasar, dan menghina bisa membuat cinta dalam hubungan luntur. Hanya menyisakan perasaan sakit hati yang tak akan pernah sembuh. Parahnya lagi, lama kelamaan bisa menimbulkan dendam dalam diri yang hanya akan menambah luka.

Kita perlu menjaga sikap dan perilaku kita dalam menjalin sebuah hubungan. Bila memang punya komitmen untuk menjalin hubungan yang langgeng dan bahagia selamanya, jangan sampai kita berlebihan saat melakukan sikap-sikap negatif seperti yang disebutkan di atas, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading