Sukses

Lifestyle

Tak Perlu Diuretik, Atasi Perut Kembung Secara Alami dengan Buah dan Sayur Ini

Fimela.com, Jakarta Perut kembung bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Biasanya, kembung muncul setelah makan makanan asin, atau bisa juga akibat fluktuasi hormon bulanan. Dalam kondisi demikian, kita pun jadi akrab dengan diuretik; obat yang berfungsi membuang garam dan air berlebih dari dalam tubuh.

Diuretik bekerja dengan cara menstimulasi ginjal untuk membuang sodium melalui urin. Sementara air ditarik dari darah untuk memusatkan pada kadar sodium. Hal tersebut membuat urin yang dihasilkan lebih banyak dan secara tidak langsung membantu pemulihan ketika menderita edema, tekanan darah tinggi atau kondisi lain di mana retensi air kronis menimbulkan masalah serius.

Kabar baiknya, kita tidak perlu selalu mengonsumsi diuretik ketika masalah tersebut muncul. Ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi perut kembung. Di antaranya;

1. Asparagus

Sejak zaman dahulu kala, asparagus selalu dapat diandalkan untuk mengatasi perut kembung. Efek diuretik dari sayuran ini berasal dari asam amino asparagine yang dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan, rematik, dan retensi air akibat pramenstruasi.

2. Buah bit

Bit mengandung potasium yang tinggi, yang mampu menghilangkan cairan berlebih. Betanin yang membuat buah tersebut merah telah dikaitkan dengan tingkat rendah protein C-reaktif, yang artinya buah bit memiliki sifat anti-inflamasi juga.

3. Seledri

Hasil penelitian parai ilmuwan, sebagaimana dilansir dari harpersbazaar.com, kandugnan phthalides yang terdapat dalam seledri berkontribusi dalam memberikan efek diuretik.

4. Mentimun

Mentimun memiliki sulfur dan silikon yang meningkat frekuensi buang air kecil dengan merangsang ginjal untuk menjadi penghilang asam urat yang lebih baik. Mentimun juga sarat air dan kalium, namun rendah sodium. Mentium dapat menghambat produksi asam nitrat dan enzim peradangan, sehingga mengurangi pembengkakan. Itulah mengapa irisan mentimun bisa digunakan untuk meredakan kantung mata.

5. Semangka

Semangka memiliki 92% kandungan air, tinggi kalium, serta memiliki sifat diuretik. Ini mengandung asam amino yang menenangkan pembuluh darah dan menjaga cairan dari kebocoran dengan jaringan di dekatnya, dan dapat mengurangi retensi air.

6. Bawang putih

Bahan kimia berbasis sulfur dalam bawang putih, allicin, memberi khasiat diuretik. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian. Selain itu, bawang putih juga memiliki antioksidan yang kuat dan berkontribusi penting terhadap pemecahan lemak.

;
Loading