Sukses

Lifestyle

5 Kegiatan Normal Ini Justru Bisa Menyebar Bakteri Lebih Banyak

Rumah memang harus dibersihkan agar nyaman dan tidak mengundang penyakit. Secara umum, orang juga tidak akan nyaman jika tinggal di dalam rumah yang kotor dengan banyak barang menumpuk. Tapi terkadang membersihkan rumah dengan cara kurang tepat juga bisa menyebarkan bakteri ke berbagai tempat dengan lebih parah.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (29/5/2018) beberapa hal ini memang akan membuat bakteri menyebar lebih banyak.

1. Menutup pintu mesin cuci

Menutup pintu mesin cuci ke tempat semestinya memang sudah sewajarnya dilakukan. Tapi tahukah kamu bahwa menutup pintu mesin cuci selagi masih basah justru bisa membuat bagian dalam mesin lembap, berbau, berjamur dan pastinya jadi tempat kondusif berkembangnya bakteri. Jika mesin cuci sudah berbau jamur, akan membuat pakaian yang dicuci juga menjadi berbau.

2. Menggunakan handuk kertas

Menggunakan handuk kertas untuk membersihkan kaca atau barang lain mungkin lebih mudah dilakukan karena bisa langsung buang dan lebih kesat. Tapi menggunakan handuk kertas untuk membersihkan kaca akan menimbulkan goresan. Lebih baik pilih kain mikrofiber yang mampu menghilangkan bakteri tapi tidak menimbulkan goresan sehingga tidak dijadikan celah untuk bakteri berkembang biak.

Kebiasaan menutup pintu mesin cuci saat basah/copyright Pixabay.com/stevepb

3. Gunakan semprotan pembersih untuk mencuci kaca

Lebih baik langsung mengelap air sabun yang disemprotkan ke kaca, karena terkadang bekas semprotan yang terciprat ke berbagai tempat justru membuat kotor, dan seringkali tidak disadari hingga mengering. Lebih baik gunakan pembersih busa yang tidak akan membuat bekas tetesan yang mengganggu.

4. Menganggap spons bersih

Jangan menganggap spon cuci piring selalu bersih, karena spons yang terendam air dan sabun setelah digunakan mencuci justru bisa jadi tempat berkembang biak kuman, air spons jadi berbau dan tidak baik digunakan mencuci piring atau membersihkan bagian lain.

5. Tidak membersihkan ponsel

Karena sering disentuh setiap harinya, saat kamu melakukan berbagai kegiatan, akan lebih baik jika sering membersihkan atau mengelap ponsel. Kamu tak akan tahu bakteri apa saja yang ada pada ponsel bersihkan secara rutin.

Jadi, jangan mengabaikan sekian hal di atas ya. Bisa-bisa selama ini kamu justru menyebarkan kuman lebih banyak tanpa kamu sadari meski sudah menjaga kebersihan.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading